RIP My Puppy Love

Dulu sekali, ketika saya masih duduk di bangku SD, saya pernah punya love interest. Puppy love.


Saya baru aja naik kelas 5 SD dan Papa saya memutuskan untuk memindahkan saya ke sekolah lain. Di sekolah inilah saya ketemu sama dia. Namanya Viant (iya pake 't' belakangnya). Lengkapnya Ardyvianto. Kenapa bisa naksir? Yaah, seperti banyak cewek-cewek cupu lainnya lah.. karena dia cakep, kurus, tinggi, dan rambutnya dibelah tengah (jaman segitu oke banget, tipe-tipe rambutnya Pedro Amigos). Pokoknya, Viant itu cowok paling cakep deh bagi saya. Plusnya adalah dia jago main sepatu roda dan jago bahasa inggris. Gayanya yang sok dan rada-rada tengil, entah kenapa, bikin saya makin terkesan.

Gayung bersambut nggak? Ya tentu aja enggak! Saya termasuk jajaran cewek cupu, bukan golongan pintar, nggak terpilih grup nari atau grup poco-poco, apalagi terpilih jadi grup cerdas cermat! Penampilan saya juga sangat cupu, kulit sawo matang, berkacamata, dan berambut wavy pendek. Sangat enggak keren. Dan tentu aja dia nggak menggubris saya. Melirik pun enggak. Tapi untungnya doi masih cukup baik-jika ada butuhnya-suka ngajak ngobrol jika butuh sesuatu. Itu pun udah bikin saya dag-dig-dug nggak karuan.

Nama Viant terus menghiasi buku harian saya semasa SD. Kalo di sekolah dan ngobrolin (atau ngegosipin) Viant bareng sama sahabat-sahabat saya, saya suka menyebutnya dengan nama PSR (yang artinya Pemain Sepatu Roda), supaya nggak ketauan temen-temen lain kalo saya naksir Viant (walaupun akhirnya ketauan juga sih). Saya selalu duduk di koridor sekolah di pagi hari untuk nungguin dia lewat koridor itu saat mau masuk ke kelasnya. Ah iya, kami beda kelas. Dia kelas A dan saya kelas B. Kadang kalo lagi papasan di kantin, uuuuhh rasanya beuuh! Kebetulan, sepupu Viant sekolah di tempat yang sama, dan kebetulan pula saya temenan cukup deket (saat itu) sama dia. Jadilah saya banyak kepo-kepoin Viant ke dia. Dan, tentunya paling seneng kalo lagi ada acara sekolah, misalnya kayak kemah, pesantren kilat, atau malam ESQ. Di situ kesempatan buat mandangin Viant tuh bisa lamaaa banget. Kadang hepi banget kalo Viant lagi ngobrol sama temen saya dan saya ada di situ. Lumayan kan bisa liatin Viant rada lamaan. Ngelihat gayanya Viant yang slenge'an tapi keren, liat tingkahnya yang sok cuek tapi kadang sok keren sama saya. Sekarang, kayaknya kalo saya pikir-pikir lagi, dulu dia geer juga karena saya sukain hahaha! Kayaknya dia bangga punya fans, biarpun fan-nya jelek kayak aku hahaha. Becanda ya, Viant :)

Namanya juga puppy love. Bahkan saya nggak berharap Viant jadi pacar saya atau apa. Bagi saya, tiap hari bisa liatin Viant udah seneng banget rasanya. Walaupun kadang suka sebal karena Viant banyak yang naksir, dan mereka suka nekat ada yang ngasih cokelat valentine lah, ada yang sok akrab lah. Jadinya suka sebel karena saya nggak bisa ngobrol sama Viant. Boro-boro ngobrol! Papasan aja Viant nggak bakal ngelirik.

Satu-satunya foto Viant yang berhasil kujepret seumur hidup. Saat acara wisuda dan perpisahan SD.
Masih jamannya kamera yang dicuci cetak, dan blur kalo dizoom


Ada satu kejadian yang terjadi setelah kami lulus SD. Tepatnya saat kami duduk di kelas 8 SMP. Saya dikabarin temen satu sekolahnya Viant bahwa Viant kecelakaan parah di depan Gramedia. Ketabrak mobil dan dirawat di rumah sakit karena koma berhari-hari (bahkan mungkin berminggu-minggu, saya nggak terlalu ingat persisnya). Saya saat itu kaget banget. Biarpun udah nggak naksir Viant lagi (karena udah punya gebetan lain di sekolah saya), tapi saya sedih banget karena Viant kecelakaan. Kok bisa hal ini terjadi gitu lho. Akhirnya, saya ditemani teman saya, nengokin Viant ke rumah sakit. Saya melihat Viant di ruang khusus, yang hanya bisa dilihat lewat kaca jendela. Terbaring lemah, nggak sadarkan diri, banyak kabel-kabel menempel di badannya. Rambut dan wajahnya masih sama, biarpun ketutup sama ventilator. Oh my God, I saw my puppy love dying in that room. Saya sampe menangis ngelihatnya.

Alhamdulillah, keajaiban masih dikasih Allah untuk Viant. Ternyata setelah itu Viant berhasil sembuh. Biarpun keadaannya udah nggak sama lagi kayak dulu, tapi Viant berhasil melaluinya dengan baik. Tahun demi tahun berlalu, dan akhirnya di bangku SMA, saya nggak sengaja ketemu lagi sama Viant. Bener-bener nggak sengaja karena ternyata Viant adalah temen pacar saya. Whuuud!! Wadepakk!

Jadi, saya pernah cerita sama pacar saya saat itu bahwa saya punya puppy love namanya Viant. Sampe akhirnya pacar saya mulai ngeh kalo Viant yang dimaksud adalah Viant temen sekolahnya. Lalu, dia iseng ajak Viant ke tempat kami biasa nongkrong. Di situ, Viant masih cukup inget sama saya, walaupun sok-sok lupa. Dia bilang,"kamu beneran nih? Yang dulu cupu itu?" Blahhh! Kali ini udah nggak dag-dig-dug lagi kayak waktu itu, karena secara appearance, Viant udah bener-bener berubah! Bahkan saya nggak menemukan lagi wajah yang saya taksir waktu itu. Orang ini bener-bener asing buat saya. Biarpun suaranya masih sama, tingkahnya masih tengil dan sok keren di depan saya, tapi dia udah berubah.

Karena pacar saya posesif parah, akhirnya saya nggak ketemu lagi sama Viant. Gosipnya sih dia udah punya pacar. Saya sih seneng-seneng aja, apalagi ngeliat dia masih hidup normal, walaupun agak beda dengan yang dulu. Ngeliat dia masih sehat, main sama temen-temennya, punya pacar, dan lain sebagainya. Jujur, saya bahagia liat Viant bahagia saat itu.

Dan, itulah kali terakhir saya melihat Viant. Sekitar tahun 2010. Setelah itu, nggak ada lagi. Sempat sih dia add facebook saya, tapi itu di Juni 2016. Dan nggak ada lagi interaksi setelah itu.

Tentu aja nggak ada! Karena di akhir 2016, Viant meninggal karena sakit. Bekas kecelakaannya yang dulu ternyata meninggalkan komplikasi yang nggak mau hilang. Dan, akhirnya setelah 10tahun lebih pasca kecelakaan, tubuh Viant menyerah.

Seminggu yang lalu, saya sedang ngobrol dengan kakak saya. Membahas yang dulu-dulu. Tentu aja Viant ikut kebahas karena dia bagian yang cukup lucu untuk dikenang di masa ABG saya. Setelah ngobrol-ngobrol, saya iseng nyari nama Viant di google. Dan saat itu pula, saya menemukan sebuah berita bahwa Viant udah meninggal.

Saya kaget setengah mati! Bener-bener kaget. Viant udah meninggal 4tahun yang lalu? Nggak lama setelah dia add facebook saya sebagai teman? My God!

Lalu saya nge-DM sepupu Viant, yang mana adalah temen SD saya. Saya juga nanya mantan pacar saya yang juga temennya Viant. Ternyata bener, Viant meninggal akibat komplikasi pasca kecelakaan 11tahun silam. Ternyata, pasca kecelakaan, Viant masih sering sakit. Pantas aja, saya ngerasa ada yang beda dari Viant ketika terakhir kali ketemu. Rupanya, akhirnya, Allah hanya kasih usia Viant di seperempat abad. Tepat seperempat abad karena sebulan setelah ulangtahunnya, Viant menghadap Sang Pencipta. 

Saya nggak nyangka. Saya bener-bener nggak nyangka. Betapa singkat kehidupan cowok itu. Betapa tingkahnya yang tengil dan sok keren (tapi tetep keren buat saya saat itu) sekarang hanya tinggal kenangan. Betapa kata-kata yang saya ukir di buku harian untuknya, akan menjadi kenangan yang lucu dan indah untuk diingat. Semuanya terkubur dan hanya abadi di ingatan, bersamaan dengan tubuhnya yang terkubur dan menyatu dengan alam.

4tahun sejak kematian Viant, dan saya baru mendengarnya. Dan, ternyata air mata saya pun tumpah juga. Saya sedih sekali. Akhirnya, kedua kalinya saya menangis untuk Viant. Pertama, karena kecelakaan itu. Kedua, karena kematian itu. 

Dear Viant,
Aku tau kamu nggak akan baca ini
Bahkan, mungkin tulisan ini nggak akan tertulis di sini jika hal ini nggak terjadi
Tapi, aku ingin mengenang kamu dengan indah
Aku ingin kamu menjadi sesuatu yang indah (dan lucu) di ingatanku

Dear Viant,
2tahun naksir kamu ternyata sanggup memberikan kenangan yang baik di ingatanku
Biarpun selama itu aku hanya bisa memandangmu
Memandang kamu main sepatu roda
Memandang kamu debat bahasa inggris
Atau memandang kamu yang sedang asyik nonton Lilo n Stitch
Bahkan hanya memandang kamu melangkah sambil sedikit melirikku dengan sebal di koridor

Mengingat kamu pinjam bateraiku saat ujian akhir
Mengingat kamu marah karena aku naksir kamu
Mengingat kamu sok keren hanya karena tau aku naksir kamu
Lucunya, aku tiba-tiba mengingat kamu saat malam api unggun di perkemahan sekolah

Dear Viant,
Mungkin ini bukan cinta
Mungkin ini hanya gejolak anak yang beranjak remaja
Tapi entah kenapa, biarpun tak bersambut olehmu
Aku tetap merasa bahagia dengan perasaan itu

Tapi Viant,
Aku juga ingin kamu bahagia
Bahkan setelah kamu tak lagi bernyawa
Aku berharap kamu selalu tenang di sana
Dan tak lagi merasa sakit seperti yang pernah kamu rasakan sebelumnya

Semoga kamu bisa mendapatkan tempat yang terbaik
Semoga banyak orang yang mendoakan kamu
Aku nggak akan pernah lupain kamu
Semuanya akan terkenang rapi, dan menjadi hal yang indah saat aku mengingatnya

Rest In Peace, Ardyvianto.
My Puppy Love.


Sincerely,
Your Big Fan.



0 komentar