Nama Saya pun Akhirnya Bertambah (Part 1)

Alhamdulillah.

Akhirnya saya lulus juga. Alhamdulillah. Thank God. Sudah lama sekali saya menanti untuk bisa lulus. Sejak semester tiga saya sudah wondering kapan saya bisa lulus. Dan, akhirnya, setelah semua ini. Saya pun lulus juga.

Dari bulan Oktober saya mulai mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Yes, my skripsweet. Saya begitu antusias mengerjakan skripsi saya. Bahkan, mungkin terlalu bersemangat. Lembar demi lembar skripsi, coretan demi coretan dari papa dosen. Semua saya syukuri aja. Alhamdulillah, saya masih diberi kelancaran walaupun hari-hari saya penuh dengan revisi. Disyukuri aja, meskipun dianggurin sama papa dosen selama lebih dari sebulan. Enak juga ya jadi dosen, berasa jadi selebriti dikejar-kejar fans. Tapi tetep semangat dong, walaupun gak ada yang nyemangatin. Uhuk. #kode. HAHAHHAHA!! Akhirnya, skripsi saya pun accepted. Agak nyesek juga sih, karena saya gagal sidang bulan Februari. It's okay, Tuhan udah ngatur semuanya. 

Bulan Maret akhirnya datang juga. Bulan di mana saya akan menjalani sidang akhir. Rasanya nggak setakut waktu kompre sih, saya lebih santai. Tapi semuanya berantakan begitu saya tau siapa dosen penguji saya. Ohmeen! si monster! Takut!! Saya pernah kuliah sama dia dan saya cuma dapet nilai di bawah B. Okay. Hm. Stres juga akhirnya. Hati nggak tenang, banyak-banyak berdoa. And finally, the day's coming. Saya kebagian giliran pertama buat sidang. Seperti yang udah saya duga, pertanyaannya akan bersifat kualitatif dan out of the box. Okay. Hipotesis disalahin segala macem. Okay. Nggak papa, tetep lah dipertahanin, enak aja udah bikin skripsi susah-susah, masa cuma mau disalah-salahin. Namun, akhirnya saya keluar juga setelah meja digebrak, dan dia bilang kalo penelitian saya nggak ada gunanya. Hey, itu judul yang ngasih si papa dosen, pak! Huhuhu :( tapi kenyataannya, saat pengumuman sidang, saya bisa juga lulus tanpa revisi. Hey! Tanpa Revisi!! Alhamdulillah! HAHAHAHA THANK GOD!!!



Dan hari itu datang juga.

Saya sangat menunggu saat-saat saya bisa di momen itu. Yap. Wisuda. Hari di mana nama saya resmi bertambah. Menjadi seorang sarjana ekonomi. Saya bener-bener prepare untuk hari tersebut, dari mulai kebaya, make-up, toga, tempat foto, dan lainnya. Seneng banget rasanya, saya bener-bener nggak percaya bisa sampe di tahap ini. All is done. It all ends. but ending is just a new beginning. Muehehehe.

Saya bangun jam 3 pagi. Saya udah janjian sama Mbak Rizka buat make-up jam 4. Oh iya, saya pake jasanya Mbak Rizka (Oryza Salon) buat make-up dan hijab. Asli, recommended banget! Make-up dia dari jam 5pagi sampe jam 7malem tetep halus dan nggak pecah sama sekali, loh! Lokasi salonnya juga deket sama rumah saya, cuma sekitar 500meter. Okay, back to topic, saya kelar make-up dan hijab jam setengah 6. Kemudian pulang sebentar, persiapan segala macem, akhirnya saya bersama kedua orangtua pun berangkat ke lokasi wisuda.

Dan, berapa persen kemungkinanmu keceklek sepatu saat wisuda?

Again. Shame on me.

Ehm, jadi saya emang pake high heels. Sumpah, berapa taun sekali sih saya pakai high heels? Dan, saat acara istimewa buat saya itu terjadi, saya malah keceklek! Untung aja bukan pas prosesi wisuda. Huh! Dan heels saya pun akhirnya rusak. Untungnya rusak pas acaranya dah kelar. Jadi lah saya nemuin temen-temen di luar gedung dalam keadaan kaki nyeker. Muehehehehebodoamatmalumaluinbangaet!

Okay, back to topic!

Dari keseluruhan prosesi wisuda, yang bener-bener sakral buat saya yaitu pada saat Pak Rektor mindahin kuncir toga dari kiri ke kanan. Keren! Bangga juga sih, akhirnya bisa dapet momen itu.
Biar pun IPK saya nggak tinggi, biar pun Pak Rektor tidak menyematkan pin emas itu di samir saya, tapi saya nggak peduli. Saya hanya peduli pada satu hal, yaitu orangtua saya. Saya yakin orangtua saya juga ikut bangga lihat anaknya bisa diwisuda juga (pada akhirnya). Huff. Bisa lulus tepat waktu dan memenuhi target IPK yang ditetapin sama bokap, rasanya tuh.... ng.. 


Tuhan tolonglah, sampaikan sejuta sayangku untuknya, ku terus berjanji takkan khianati pintanya. Ayah dengarlah, betapa sesungguhnya ku mencintaimu, kan kubuktikan kumampu penuhi maumu.



Papa, mama.. You've finally seen me graduated!


And it's just my new beginning....





Note: buat kalian yang mau wisuda, dan nggak punya PW alias Pendamping Wisuda. Nggak perlu khawatir, nggak perlu takut, nggak perlu minder. Gua juga kaga ada yang namanya PW, dan wisuda gua tetep berjalan sebagaimana mestinya dan gua tetep masih hidup sampe sekarang.

Hahahaha!


Regards!
DR, S.E

0 komentar