#1Minggu1Cerita Week 7: Alergi

Karena bingung mau nulis apa dengan tema Alergi, plus udah 3x bolos setoran karena sibuk banget sebulan terakhir. Akhirnya saya nulis apa adanya aja ya, yang paling nyerempet tema. Daripada kena kick hihihi.
 

Saya adalah satu dari sekian juta orang yang mengidap asma. Sebagaimana diketahui bahwa asma adalah penyakit yang disebabkan oleh alergi. Macam-macam penyebab alerginya, bisa jadi karena debu, udara dingin, bahkan karena menghirup bulu kucing pun bisa memicu kambuhnya asma. Kebanyakan reaksi alergi yang muncul sih gatal-gatal dan bentol ya, tapi di saya juga bisa memicu asma jika saya terkena debu atau udara dingin. Malah, kalo di saya, pas kebetulan lagi batuk pilek pun bisa kumat juga asmanya. Huft. Dan, kalo sudah kumat, masya Allah, rasanya nggak karuan. Rasanya kayak kufur nikmat selama ini dikasih oksigen cuma-cuma tapi nggak pernah bersyukur. Udah lah susah nafasnya, masih ditambah bengek di dada yang sakit banget tiap nyoba narik nafas. Menyiksa deh pokoknya.

Tapi, Alhamdulillah banget, udah satu-dua tahun terakhir ini saya jarang banget kambuh asmanya. Memang, segala macam alergi itu harus dihindari untuk meminimalisir sesuatu yang lebih parah ya guys! Misalnya, saya nggak pernah lagi bersih-bersih rumah tanpa masker (even though cuma nyapu atau ngelap-lapin meja). Bahkan ganti sprei aja saya pake masker! Plus selalu sedia minyak kayu putih dan selimut/jaket parasut tebal di sekitar. Kalo cuaca udah mulai dingin, ya udah langsung aja pake jaket dan kaos kaki. Nah, susahnya nih kalo lagi mau bobo sama suami karena suami orangnya sumukan banget sedangkan saya alergi dingin. Masalah utama adalah AC karena saya nggak bisa di bawah suhu 26°C sedangkan suami kalo nggak di bawah 26°C bakal kepanasan. Hihihihi. Akhirnya, sering-seringnya suami lepas baju kalo lagi bobo, daripada saya yang kumat bengeknya. Huft, terkesan nggak adil memang, tapi namanya alergi kan emang harus dihindari yekan? Alhamdulillah suami saya sangat-sangat pengertian jadi hal itu nggak dijadikan masalah.

Kalo udah terlanjur kena alergi gimana? Ya udah, langsung aja saya pake obat hirup/semprot yang memang udah tersedia. Tapi itu hanya pilihan terakhir kalo udah bener-bener kambuh ya. Biasanya saya masih mencoba untuk pake minyak kayu putih dulu untuk meringankan gejala, pokoknya obat semprot mah terakhir aja deh. Walaupun aman (satuannya masih di mikrogram which is 1/1000gram, jauh lebih aman dari obat tablet) tapi tetep aja rasanya kurang sreg. Biasanya kalo masih berasa-rasa 'Wah bau-baunya bakal bengek nih.' Udah deh saya langsung pake minyak kayu putih. Tapi kalo udah telat, biasanya mau nggak mau tetep pake obat semprot karena emang beneran nyiksa banget ya guys.

Nah, belakangan semenjak isu covid19 mulai naik, saya termasuk pihak yang parno banget karena covid19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Boro-boro covid, kena flu biasa aja saya bisa kumat asmanya! That's why I am too paranoid to face that shit. Takut banget cuy! Katanya malah asma adalah salah satu penyakit penyerta yang memperparah covid. Ughh.. makin parno lah saya. Efek dari keparnoan itu adalah jadi manusia anti sosial yang menghindari segala macam bentuk perkumpulan kalo nggak kepaksa2 amat. Ngantor juga pilih-pilih waktu pas kantornya lagi sepi (karena biarpun WFH, tetep aja ada beberapa orang yang lalu lalang di kantor). Ngerinya adalah, kok bisa alergi yang disebabkan hal sepele bisa memperparah penyakit yang belum ada obatnya? Plus bisa menyebabkan kematian. Nggak usah deh covid, asma biasa tanpa embel-embel aja bisa menyebabkan kematian kalo udah parah. Apalagi ketambahan covid! Betapa pentingnya oksigen dalam hidup ini rupanya hiks.

So far masih aman-aman aja. Asal alergi nggak datang, maka asma pun nggak akan menyerang. Dari saya pun tetep jaga badan supaya nggak gampang sakit, karena efek dari alergi debu aja udah mulai bikin flu. Olahraga teteeep yah, minimal 15 menit sehari. Plus makan yang bergizi dan minum vitamin supaya nutrisinya terpenuhi dan selalu sehat. Masker nggak lupa dipake dan selalu bersih-bersih diri sehabis keluar rumah. Sebisa mungkin pokoknya menghindari aneka macam faktor yang bisa mengarah ke covid, termasuk menghindari alergi.

Stay safe!




0 komentar