story from BALI!

yeah! berdasar dari postingan terakhir bahwasanya aku akan mengupdate (tepatnya pamer) liburan sempit kemaren, akhirnya saya posting juga cerita-cerita saya selama liburan! muehehehee

tadinya sih rencana mau berangkat ke Bali hari sabtu, biar lebih panjang liburannya, tapi karena Enyo, adikku ternyebelin itu masih midtest, akhirnya papa mengundurkan hari berangkatnya jadi hari minggu subuh. kenapa nggak sabtu malem aja berangkatnya? ada beberapa faktor. pertama, tiket sabtu malem lebih mahal karena kami carinya bener-bener mendadak huhu terus kalo sabtu malem berangkat, sampe Bali kira-kira jam 11 malem, padahal paginya harus bangun pagi-pagi kan. jadi mending kami bobo lebih awal di Jogja, daan bangun pagi-pagi sekali buat berangkat ke airport.
dan akhirnya minggu pun tiba kami sampe di Ngurah Rai jam 9.00 WITA kalo ngga salah. disana kami udah ditunggu sama Pak Nyoman, supir kantor Balai Diklat Denpasar. kami langsung meluncur ke Bedugul. tapi sebelumnya sarapan dulu diwarung soto. namanya Soto Pak Su Mo kalo ngga salah. sotonya enakkk banget! soto daging ayam, kuahnya pake bumbu kunyit, sama ada bubuk gurih (kalo ngga salah namanya koya). lanjut, setelah sarapan kami meluncur ke Bedugul. perjalanannya lumayan jauh dan agak macet. dan akhirnya sampe juga deh.

Bedugul itu letaknya di pegunungan (kalo ngga salah). disini cuaca panas tapi udaranya dingin. kami datang ke lokasi Danau Ulun Beratan. Tiket masuk IDR 10.000 perorang. didalemnya ada pura besar gitu, mungkin semacem pintu masuk. disamping juga ada taman bermain, ayunan segala macem. kami masuk ke pura itu, dan didalemnya bagus bagus banget. danaunya bagus, ada beberapa pura yang salah satunya menjorok ke danau. dan kebetulan saat kami kesana, sedang ada upacara disana. kurang tau juga upacara apaan, karena nggak dibolehin masuk. kami berkeliling menikmati pemandangan di Bedugul sambil foto-foto hahaha!

Puas di Bedugul, kami makan siang di restoran Taman Sari. Letaknya masih dekat di Bedugul, sekitar 2-3km ke arah turun pegunungannya. makanannya lumayan sih, tapi agak mahal untuk ukuran porsi dan rasa yang kea gitu aja. tapi tempatnya enak, mirip Bukit Bintang yang ada di Jogja itu loh. 

Setelah makan siang (makan sore tepatnya, soalnya udah jam 3 WITA) kami menuju ke Tanah Lot. Letaknya jauh banget dari Bedugul. aku sampe ketiduran saking lamanya hehehe. 

Tanah Lot itu ternyata Pantai yang ada puranya diatas tebing dan ditengah pantai. Kata pak nyoman, kalo mau lihat sunset mending di Tanah Lot atau Uluwatu. Nah, Pak Nyoman bawa kami ke Tanah Lot karena searah katanya. sepanjang perjalanan menuju pura/pantai, banyak orang jualan aneka oleh-oleh. semacem pasar gitu, tapi kalo aku bandingin sih harganya lebih murah di Sukowati hehehe. Next, di Tanah Lot ada gua suci, jalannya harus nyebrangin pantai dulu karena letaknya menjorok ke pantai. kami nggak kesana karena rame banget. akhirnya kami cuma duduk-duduk nikmatin suasana pantai yang nggak biasa sambil nunggu sunset, karena biasanya kalo ke pantai itu nggak ada pura-nya. sepulang dari Tanah Lot, jalanan muacett parah! sampe wisma sekitar jam 21.00 WITA karena sebelumnya makan dulu di Sop Ayam Pak Min Klaten dekat Wisma. oh iya, kami nginep di Wisma Departemen Keuangan Denpasar. tadinya mau nginep di A residence atau hotel di sekitar Kuta, tapi kata Pak Nyoman mending di Denpasar aja, karena hotel-hotel di Kuta yang agak miring harganya itu masuk-masuk gang. Yaudah deh akhirnya nginep disitu. lumayan kok, nyaman dan bersih, bednya comfortable, penerangan oke, tivi flat besar, AC, pokonya service oke banget cuma sayangnya kami nggak dapet kamar yang ada air panasnya huhu ngga papa lah, toh disana juga panas udaranya.

Second day. Kami ready dari wisma sekitar jam 8.30 WITA dan langsung berangkat ke Desa Batubulan buat lihat  pertunjukan tari Barong selama 1jam. Pak Nyoman bawa kami ke pertunjukan tari Barong yang katanya sih paling bagus, namanya lupa nih, besok di update lagi deh hehehe Tiket masuk IDR 100.000 per orang. Tari Barong ini ada alur ceritanya dan dibagi ke 5scene. Overall, Tari Barongnya bagus, barongnya ada dua macem, gending bali-nya dapet banget, penari-penarinya juga keren. dan setelah pertunjukannya selesai, kami boleh foto bareng sama barong dan penarinya.

Setelah nonton Tari Barong, kami langsung meluncur ke Ubud. Perjalanannya lancar dan nggak macet. Kami menuju ke Monkey Forest, papa pernah kesana dan katanya sih bagus. Tiket masuk IDR 20.000 per orang. Waktu masuk ke lokasi, berasa kea di hutan beneran gitu, seru banget. Mama sempet beli pisang dideket loket masuk buat monyet-monyetnya. Tapi, aku sama Enyo takut sama monyet, jadi yang pegang pisang cuma papa mama sama Eci aja. Mereka yang pegang pisang langsung dideketin sama monyet dan diambil pisangnya. jangan pernah masukin makanan ke kantong deh, soalnya monyetnya tau, terus sama dia di ambil juga. nanti kalo mau ngambil makanan, monyetnya sampe manjat-manjat kaki kita loh.

Karena udah siang, kami memutuskan untuk langsung ke Kintamani buat makan siang. Saat keluar dari Ubud ini muaceeett parah. Mana dikanan kiri jalan banyak restoran-restoran, bikin makin laper aja. Tapi semuanya terbayar saat kami sampe di Kintamani. Viewnya bagus banget. Kami makan di restoran yang all you can eat menghadap ke Gunung dan Danau Batur. Nama restorannya lupa, tapi dia yang paling rame sendiri disitu karena yang lain pada sepi. Kebetulan pula kami dapet tempat duduk di luar, jadi bisa langsung ngeliat ke arah gunung. wow, so cool deh pokoknya!
fotoku ngga ada disini soalnya lagi sibuk makan

Akhirnya, setelah kenyang makan, kami jalan menuju Pasar Seni Sukawati. Disini nggak sempat foto-foto karena tujuannya emang buat belanja. Barang-barang disini murah-murah, hampir sama harganya kea di Pasar Beringharjo. Pinter-pinternya kita buat nawar aja. Dari Sukowati, kami makan (lagi) di Ayam Goreng Kalasan dekat wisma. Ayam Goreng Kalasan ini sederet dengan Sop Ayam Pak Min Klaten yang kemaren kami datangi buat makan malem. Sepertinya emang sederet makanan ini dari jogja semua karena ada gudeg segala huehehe Hari kedua selesai nggak terlalu malem. Jam 20.00 WITA kami udah leha-leha di wisma karena besoknya kami harus jalan lagi.

Third day. Bisa dibilang hari terakhir wisata di Bali periode kali ini. Kami ready jam 08.30 WITA dan berangkat ke Tanjung Benoa. Sebelumnya mampir dulu beli Pia Legong, oleh-oleh buat temen kantor papa. antrinya puanjaang bangeet, padahal cuma begitu-begitu aja makanannya. mirip phia deva, tapi lebih tebal dan bentuknya bulat gepeng. dalemnya ada isi cokelat, keju, macem-macem deh. next, kami lanjut ke Tanjung Benoa. Pertamanya kami berhenti di Pandawa, salah satu jasa penyedia watersport di Benoa. Tapi karena harga yang ditawarin agak mahal jadi kami mikir-mikir dulu. ditambah, (sebenernya) aku udah booking tanpa bayar ke salah satu penyedia watersport disana, namanya Honeymoon Beach Club. Letaknya disebelah Pandawa persis dan (gobloknya) kami nggak ngeliat padahal palangnya gede banget haha. akhirnya kami ke Honeymoon Beach Club dan karena udah booking, kami dapet harga supermiring. snorkeling IDR 100.000 per orang. Banana Boat IDR 70.000 per orang, Flying Fish IDR 150.000, Rolling Donnut IDR 100.000 per orang. Kami berlima coba snorkeling dan banana boat. Aku dan eci tambah flying fish, Enyo sama mama nyobain rolling donnut. wuhuu, seru banget! Flying Fish itu permainan dari semacem banana boat yang dibikin seperti kapal, dan kita suruh tiduran diantara banana boatnya. terus diajak ngebut abis itu kita melayang deh di udara wohoo! pulang dari flying fish kita suruh duduk di banana boatnya biar ngerasain ngebut pake banana boat hehehe padahal ntaran juga naik banana boat lagi. Next, banana boat sih udah biasa gitu ya, kurang menantang. sebenernya aku pengen parasailing, yang mirip layang-layang gitu. tapi katanya lagi unavailable soalnya anginnya lagi kenaapaaaa gitu, jadi pihak sana nggak nyediain. dan yang terakhir snorkeling. Asyik banget kalo yang ini mah. kami dibawa ke tengah pantai, terus suruh masuk kapal. dari kapal kami dikasih alat bantu nafas, dan kami berenang liat ikan-ikan yang lucu didalem air. agak susah juga berenangnya, soalnya pake pelampung kan jadinya ngapung terus susah gerak. tapi overall oke banget kok. puas banget snorkelingnya. sayang, nggak difotoin karena nggak punya kamera underwater.

Puas deh maen di Benoa, sebenernya nggak puas-puas banget karena pengen nyobain semua permainannya. Tapi masih ada beberapa objek yang harus didatangi jadinya ya udahan deh. Habis dari Tanjung Benoa, kami jalan ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). Sepanjang perjalanan, kami lihat ada orang lagi jalan buat kremasi orang meninggal. Mirip pawai gitu, jenazahnya dipeti, ditaruh di semacem gerobak besar dan diarak sepanjang jalan menuju tempat kremasi. Kata Pak Nyoman, upacara orang meninggal adat Hindu mahal loh, nyampe puluhan juta rupiah. Wow.

Kami sampe di GWK sekitar jam 14.00 WITA. Sebelum masuk, kami foto-foto dulu didepan tulisan GWK yang gede banget itu. dan sepanjang jalan masuk ke GWK, banyak patung binatang gede-gede, nggak tau apa ada artinya atau enggak. Begitu nyampe, kami disambut patung-patung didekat loket masuk seperti Rama, Shinta dan lain-lain *lupa namanya* haha  Tiket masuk IDR 40.000 per orang. Mahal ya? Menurutku sih mahal, soalnya cuma liat patung-patung aja, dibanding wisata-wisata sebelumnya, yang ini nggak lebih asik. dan di GWK ini saya jarang banget nemuin turis bule yang dateng kesini. cuma turis lokal dan beberapa orang Asia. Bulenya cuma satu dua orang aja kali. padahal sebelumnya, wah, berasa piknik diluar negeri abisan buanyak banget bulenya, malah orang Indonesianya paling cuma 10% aja hehe next, kami masuk dan langsung menuju ke patung pertama. Patung garuda kalo ga salah. terus kami naik lagi ke patung Wisnu. denger-denger dari salah satu guide yang ada disitu, air yang ngalir dibawah patung Wisnu itu tau-tau ngalir pas patung Wisnu ditaruh situ dan nggak pernah berhenti ngalir sampe sekarang. wow.

Next, usai dari GWK kami semua pada kelaperan soalnya energi udah dikuras di Benoa dan GWK. Akhirnya kami makan dirumah makan Chinese, ngga tau apa namanya. Dan setelah makan sore (15.00 WITA) kami langsung ke Krisna buat beli oleh-oleh (lagi). disini tempat belanjanya enak banget, dan harganya murah. mana disediain tempat packing pake kardus pula. kami borong (lagi) belanjaan disini huehehehe . Setelah Krisna, kami meluncur ke Jimbaran buat makan (lagi). Jadi sebenernya tadi makan di Chinese food cuma buat ganjel perut doang haha. Perjalanan ke Jimbaran nggak makan waktu lama, kami sampe sekitar jam 16.30 WITA. langsung menuju ke Menega Cafe, kata papa paling enak dan paling rame sih disitu. beruntung kami dapet tempat duduk di pesisir pantainya. Uhuuyy, seumur hidup pengen banget deh aku makan ditempat seperti ini (norak! biarin, yang penting aku senang). Di Menega Cafe, seafoodnya disediakan didekat pintu masuk cafe, banyak banget ikan dan makanan laut lainnya disediain mentahan disini. Tinggal kami pesan saja untuk dimasak. Sambil nunggu makanan dateng, kami nikmatin suasana pantai sambil nunggu sunset (lagi). oh iya! sebenernya kami mau ke Uluwatu, buat liat sunset. tapi kata Pak Nyoman, waktunya nggak cukup gara-gara kami kelamaan di Benoa huhu tapi katanya lagi, Uluwatu itu mirip-mirip sama Tanah Lot, jadi yaaa kekecewaan agak teratasi. lagipula, view di Jimbaran bagus banget. Dan akhirnya makanan pun dateng juga. Romantic banget ya makan dipinggir pantai gini, kapan-kapan pasti bakal kesini lagi deh entah sama siapa


Dari Jimbaran, kami muter ke Kuta dulu buat ngeliat keramaian disana. nggak tertarik sih sebenernya, karena sama aja kea di kota-kota besar isinya Mall sama hotel aja. tapi di Kuta macet parah, padahal pengen foto di Hard Rock-nya haha. Kalo bisa disimpulin, Kuta ini bener-bener beda dari bagian Bali lainnya. Isinya bule SEMUA (yang lain emang banyak banget bulenya, tapi disini keanya emang lautan bule), semacem dunia gemerlapnya Bali keanya ada di Kuta ini. Setelah Kuta, kami langsung pulang ke Wisma karena besok subuh harus udah ke airport buat pulang. Dan pas pulang, papa langsung ke Jakarta jadi kami misah deh pesawatnya. But it's OK. Seneng kok bisa liburan sekeluarga gini, bahagia itu sederhana.

Anyway, Bali has so many interesting things for me. Misalnya nih ya, tiap perjalanan dan dimanapun, aku selalu nemuin sesajen kecil didepan rumah/toko mereka. saat aku tanya Pak Nyoman, ternyata itu sesajen dimaksudkan untuk memberi selamat pada orang-orang yang diperjalanan ngelewatin sesajen itu agar mereka selamat sampai tujuan. Mulia banget ya! karena hampir semua rumah makan/toko yang saya lihat selalu pasang itu didepan rumah /toko mereka.
Dan setau saya, emang di Bali itu makanan khasnya Babi Guling. Sebagai muslim saya kan haram makan babi. dan karena doktrin yang ditanamkan dari kecil, saya agak jijik sama Babi. tapi di Bali, i've seen so many Babi Guling, dan semakin saya lihat babinya (karena emang dipajang seperti dirumah makan padang), saya malah makin pengen nyobain. sayang banget ya, dilarang agama huhu padahal kali aja enak.

sebenernya masih banyak lagi yang pengen diceritain. tapi saking banyaknya, jadi susah buat ditulis disini hehehe. OK deh, moga-moga ke depannya masih dikasih kesempatan buat liburan, entah kemanapun yang penting seru! next time, i'm gonna tell you bout my other experiences
cheeeerrs!!


0 komentar