Wedding: Vendor Gedung | Yogyakarta

Papa saya selalu punya angan-angan untuk mengadakan pesta pernikahan anak-anaknya di JEC (Jogja Expo Center). Dari dulu, bahkan saat anak-anaknya masih jadi anak sekolahan, Papa selalu pengen hajatnya dilaksanakan di sana. Alesannya simple banget, selain deket banget dari rumah (cuma tinggal ngesot doang udah nyampe), juga karena area parkirnya luas. Kalo saya sih nggak pengen-pengen amat di JEC, saya lebih pengen ngadain pesta nikahan di Auditorium UII, karena entah kenapa saya pengen banget akad nikahnya di masjid UII.



Dan ketika saya akhirnya akan menikah, Papa pun langsung nyuruh saya untuk menanyakan pricelist gedung JEC. Berusaha ngewujudin impian yang udah lama terpendam kali ya. Tapi karena aing anak yang budiman, saya pun akhirnya menanyakan pricelistnya ke bagian marketing.

Website JEC: klik di sini

Setelah kirim email ke bagian marketingnya, akhirnya saya dapat pricelist untuk masing-masing hall di JEC. Yang paling gede tentu yang di lantai 1, namanya Bima Hall. Iya, yang biasanya buat pameran itu. Gedenya naudzubillah! Harganya pun mahal untuk ukuran budget saya yang minimalis, walaupun bisa disewa sepertiganya (yang mana bisa muat buat 2000an undangan), tetep aja harganya bikin pingsan. Sebenernya nggak pingsan-pingsan amat sih. Cuma karena ruangannya kegedean dan over budget, jadinya kami ga jadi pake Bima Hall.

Berhubung budget nggak cukup buat sewa lantai 1, tapi Papa tetep pengen hajatan di sonoh, yaudin yuuk dimari kita lihat hall di lantai 2. Hall JEC lantai 2 harganya lebih ramah lingkungan. Ada beberapa hall di lantai 2, salah duanya adalah Arjuna Hall dan Yudhistira Hall. Arjuna Hall lebih luas dan langit-langitnya lebih tinggi dari Yudhistira Hall, tapi Arjuna Hall masih pake lantai keramik 30x30 kayak standar keramik rumah gitu. Belum dilapisin karpet kayak Yudhistira Hall. Harga Arjuna Hall 20% lebih mahal dibandingkan Yudhistira Hall. Ugh! Bikin pusing. Setelah mengerucutkan pilihan, akhirnya kami pun mempertimbangkan Arjuna Hall biarpun saya enggak sreg sama lantainya. Apadaya uwe sebagai anak. Kalah kalo debat sama ortu. Bwakaka.


Apa saja yang yang sudah termasuk dalam harga sewa gedung di Arjuna Hall JEC?
PPN 10%, AC standar (yang sudah terpasang di gedung), ruang VIP selama 3 jam, genset (tergantung nego), 300 kursi banquet, meja, dan stiker parkir gratis untuk 5 mobil dan 20 motor. Stiker motor bisa ditukar dengan stiker mobil (2 stiker motor untuk 1 stiker mobil).

Harga belum termasuk sound system, biaya parkir gratis, charge kebersihan (wajib dibayar), AC tambahan (biasanya untuk di pelaminan dan di bagian tamu VIP) dan cover kursi. 


Nambah bayar untuk fasilitas apa aja?
AC standing 5PK, AC paket pelaminan (1PK 2 unit, 2PK 1 unit), Soundsystem 3000watt, dan cover kursi.
FYI, kecuali untuk charge kebersihan, JEC nggak mewajibkan kita untuk menyewa tambahan fasilitas di sana. Jika kita mau pake vendor lain, JEC tidak akan membebankan charge.

Plusnya di JEC apa aja?
Dekat dengan rumah. Jadi lebih memudahkan panitia yang mondar mandir dan antar jemput keluarga. 
Parkirnya luas banget.
Gedungnya cukup luas untuk 600 undangan.


Minusnya?
Keramik masih pakai model lama jadi bikin looknya nggak eksklusif. Mungkin kalo dilapisi karpet bakal lebih oke ya.
Ruang VIP hanya dibatasi 3 jam (tapi pas saya pake kemaren kayaknya lebih dari 3 jam dan boleh pake dua ruang VIP).
Gedungnya panas karena ACnya nggak terlalu dingin dan tamu undangan yang cukup banyak. FYI, saya hanya tambah AC paket pelaminan dan AC di ruang VIP.
Pelaminannya sempit dan rendah. Beberapa vendor dekor mengaku nggak bisa maksimal ngedekor bagian pelaminan Arjuna Hall JEC.
Rada was-was kalo bagian gedung lain disewa. Kebetulan waktu saya tandatangan kontrak sewa, pihak JEC kasih tau kalo acara saya bakal bebarengan sama acara Kids Castle di lantai 1. Saya sempet khawatir kalo acara saya bakal berantakan karena gedung bagian bawah ada yang sewa. Tapi untungnya acaranya didrop, akhirnya hari itu cuma acara saya doang yang terselenggara.
Charge kebersihannya mahal.
tuh kan. pelaminannya rendah&sempit. di tambah keramiknya masih model jaman dulu

Akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk pakai Arjuna Hall JEC dengan banyak sekali pertimbangan. Pertimbangan utamanya adalah karena keluarga saya cukup banyak, jadi nggak memungkinkan untuk sewa gedung yang terlalu jauh seperti Auditorium UII.

Sebenernya saya sempat survey beberapa gedung di Jogja. Tapi balik lagi, karena Papa pengennya di JEC jadi ya sudah lah ya. Berikut ini yang saya survey:

1. Auditorium UII.
Gedung ini cukup luas untuk tamu undangan saya yang berjumlah sekitar 600 undangan. Walaupun nggak pakai karpet, tapi keramik di UII sudah cukup bagus dan nggak keliatan ndeso. Harganya sedikit lebih mahal dari UII, tapi paket yang ditawarkan udah cukup lengkap termasuk sound system, AC belasan unit, cover kursi, dan parkir gratis jadi jatohnya justru (jauuh) lebih murah dari Arjuna JEC. Apalagi karena ogut alumni sono, masih dapet diskon 5jutaan kalo ngga salah. Ugh! Sayangnya lokasinya jauh di jakal atas bikin Papa ogah mempertimbangkan.

Website:  klik di sini

2. Sportorium UMY
Gedung ini juga cukup luas, malah kayaknya kegedean kalo jumlahnya cuma 600 undangan. Secara Sportorium UMY bisa muat lebih dari 2000 undangan. Harganya terhitung murah dibandingkan dengan Bima Hall JEC. Fasilitas pun juga sebelas dua belas sama JEC, tapi Papa pun juga nggak tertarik. Malah menurut saya, Sportorium UMY adalah tempat yang paling ideal untuk bikin acara nikahan dengan jumlah undangan lebih dari 1000. Tapi ya sudah karena kegedean dan over budget, akhirnya babayy.

Website: klik di sini

3. Auditorium UNY
Sebulan sebelum kawinan saya, sepupu saya nikah di Auditorium UNY. Doi nyewa di situ karena emaknya dosen UNY. Gedungnya cukup bagus walaupun parkirnya susah. Dan mahal menurut saya. Lebih mahal daripada Arjuna JEC. Dari awal saya nggak tertarik sih di sini karena mending di JEC/UII deh daripada sini, walaupun letaknya strategis di pusat kota. Tapi bude saya suka ngebet supaya saya juga kawinan di sini. Ealah bude, kalo diskonnya setengah harga kayak situ sih kaga napa-napa deh. Hahahaha :D Ah iya, gedung ini laris banget buat nikah, mungkin karena itu juga harganya semakin lama jadi semakin dinaikin.

Website: klik di sini


Yakk.. Nggak banyak survey memang. Lha wong takdir saya udah ditentuin bokap buat nikahnya di JEC. Jadi ya sudah. 


Apa saja yang harus dilakukan setelah venue ditentukan?
Saya langsung menghubungi bagian marketingnya untuk deal harga, juga mengisi form aplikasi dan surat pernyataan kesanggupan untuk tidak komplain jika ada gangguan/ketidaknyamanan yang disebabkan adanya acara lain di JEC. Setelah itu baru bayar booking fee. Waktu itu saya dibuatkan termin pembayaran sekalian. Jadi udah ada jadwal-jadwal pembayaran untuk tahap 1 dan 2. Kemudian 2-3 bulan sebelum acara, pihak JEC kirim surat perjanjian sewa gedung yang harus ditandatangani pihak saya dan JEC.


Gimana review setelah menyelenggarakan nikahan di Arjuna Hall JEC?
Selain pelaminan yang sempit dan lantai keramik yang oldschool, saya cukup puas dengan JEC. CRC-nya yang ramah dan helpful sekali. Alhamdulillahnya, saya dikasih diskon 10% dari harga sewa dan dikasih fasilitas genset gratis. Lumayan, bisa buat beli es teh. Wahahaha!
Setelah acara saya selesai, ada beberapa barang yang ketinggalan. Dan, barang-barang itu ternyata disimpenin sama cleaning service dan satpam JEC. Waaah! Baik bangeeet yaa!
Hanya aja mungkin lain kali kalo mau ngadain acara nikahan di JEC juga perlu tambah AC di beberapa titik supaya tamu undangan nggak terlalu kepanasan. 



Cheers!


3 komentar

  1. Hai mba boleh nanya2 ga? Kbtlan mau make jec jg nih,klo boleh nt lewat email gt mba

    ReplyDelete
  2. seprtinya bisa muat banyak tamu undangan pernikahan ya kak... bisa buat referensi ini....

    ReplyDelete