Wedding: Vendor Dekorasi | Yogyakarta

Vendor dekorasi adalah vendor yang nggak kalah pentingnya dibanding vendor katering. Buat saya, formula utama dari pernikahan yang paling menguras budget adalah katering, dekorasi, dan gedung. Biaya dekorasi sendiri bisa dua kali lipat harga sewa gedung! Ampun-ampunan deh. Nangis deh. Ya udah deh.

Saya paling ribet sama vendor dekor ini karena di keluarga saya nggak ada yang menganggap dekor itu penting. Yahhh.. penting sihhh, tapi nggak yang penting-penting amat. Dekor seadanya aja. Yang penting ada dekornya, ada gebyoknya, ada bunganya, ada pelaminannya. blah! Dalam hati uwe agak ketar-ketir karena nggak pengen dekornya kayak dekor tahun 90an. Yekelesss guys, yang namanya cewek pasti punya kepinginan resepsi nikahnya kek mana yekan? Rada trauma juga kalo dekornya kosong melompong gitu. Cuma didekor di pelaminan doang. Hiks. Syudah lah. Akhirnya setelah bujukin bokap dengan cara nunjukin dekor-dekor megah ala-ala negeri dongeng, doi pun terlena. Akhirnya pun bapake ngasih approvalnya buat cari dekor yang ciamik ehehehehe (like father like daughter, dibalik anak berimajinasi tinggi pasti ada bapak yang juga menurunkan watak tersebut) :)

Buat saya, dekorasi ini adalah vendor yang paling ngeselin. Kenapa? Karena di budget saya, dekorasi menduduki peringkat dua termahal setelah katering. Pokoknya bikin mencret banget deh! Tapi ya sudah lah ya, mau dikata..kan apalagiii.. Tapi, vendor dekorasi ini juga yang paling gampang buat di survey karena semakin banyak vendor yang majang fotonya di instagram, semakin gampang kita menentukan vendor, dapetin kontaknya, dan juga mengeliminasi vendor-vendor mana yang nggak sreg di hati.

Masalahnya adalah, dibalik dekor yang semakin bagus terdapat harga yang semakin mihils. UUUUUW! Dari sini kalian bisa pilih ya, dekor yang sesuai dengan hati dan budget. Jika menurut kalian dekor seperti ini sudah cukup, ya sudah. Jangan minta dekor bagus macem nikahan Rachel Vennya dengan harga murah (padahal uwe juga minta begonoan ding muehehehehe).

By the way, nikahan Rachel Vennya itu beneran impian saya lho. Macem negeri dongeng gitu, pake tema disney pulak. Saya dari dulu pengen banget nikahan pake dekorasi dan kostum ala-ala disney kek gitu. Tapi apa daya kantong cekak jadi cuma bisa dimimpiin doang ye cyin!

Well, ada beberapa vendor dekor sebelum akhirnya menentukan mana yang dipilih yaa. Saya nggak terlalu banyak survey vendor karena takut fokusnya berubah-ubah.

Apa aja vendornya?

1. Kebun Asri Dekorasi
Dekorasi dari Kebun Asri (atau Kebon Asri yak?) sering banget saya dengar. Hasilnya juga bagus. Tapi mihils! Ini adalah dekor yang paling mahal sepanjang saya survey. Si empunya menawarkan 2 tipe dekor. Yang standar sih masih masuk budget, tapi yang paket all in sudah over budget syekalii. Walaupun masih bisa di custom, tapi tep ajee mahal ya. Itu pun belum termasuk dekor akad (saya berencana akad di gedung). Memang yang namanya harga ga bisa mengkhianati hasilnya ya. Hiks. Akhirnya saya pun mundur. Mau nawar juga sungkan, lebih baik cari vendor lainnya heheheuu. Maapin ye bu, salah saya kok bu yang berat di ongkos. Ra kuat songgone, kak!

Ini foto yang sumbernya saya ambil langsung dari websitenya : KLIK DI SINI!


2. Griya Manten Dekorasi
Pengen dekorasi kekinian dengan warna-warna pastel? Griya Manten Dekorasi solusinya! Ciyyaaa! Eh tapi bener lho. Sumprit, saya ngiler abitch waktu liat dekornya Griya Manten manakala saya sedang test food. Bagus beneer. Gue banget gitu lhoo. Apalagi si mantan gebetan pun pake dekor dari Griya Manten saat nikah. Upss, hush-hush ayo move ooooon!!! Woke, akhirnya saya pun kontak si empunya untuk survey. Dan sewaktu survey harganya, alamakk. Ga kalah jantungannya lho dibanding sama Kebun Asri. Yah walaupun Griya Manten lebih ramah lingkungan ya penawarannya, dengan harga yang sama bisa kasih penawaran yang lebih tinggi. Biar gimana pun, saya akhirnya mempertimbangkan Griya Manten sebagai vendor dekor saya. Sempat juga survey dekornya, lihat-lihat langsung hasil dekornya dan cucok syekali.

Ini foto yang sumbernya saya ambil langsung dari websitenya : KLIK DI SINI!
(yang di website cuma dikit ya foto-fotonya. Banyak dekor yang jauh lebih bagus lainnya di instagram @griyamantengallery




3. Visi Dekorasi
Vendor kedua yang saya pertimbangkan setelah griya manten adalah Visi Dekorasi. Dekornya sendiri mirip-mirip sama Griya Manten (walaupun menurut saya masih bagusan Griya Manten). Really love the details. Dan, pegawainya baiiiks banget. Harganya juga sedikit lebih murah dari Griya Manten. Dan, again, saya sempat survey untuk lihat langsung dekornya. cucok meong cyin!

Di instagramnya banyak foto-foto yang lebih bagus dari foto-foto di bawah ini. Akunnya @visidekorasi
Foto-foto ini saya ambil langsung saat saya survey:


kalo yang foto yang di bawah ini sumbernya saya ambil dari THE BRIDEDEPT






4. Creasindo Dekorasi
Yakk, sebenernya udah sering lihat hasil dekornya Creasindo di beberapa wedding. Terakhir sekitar setahun yang lalu temen saya ada yang pake jasa dekor dari Creasindo. Jadilah saya nanya-nanya ke temen saya itu. Berbekal dari temen saya yang hanya dikasih dua pertiga harga dari dekor Griya Manten, saya pun tergoda. Tapi setelah survey, ujubuseeeet! Boro-boro dikasih dua pertiga harga Griya Manten! Ternyata ownernya Creasindo itu nasabahnya temen uweeee, makanya doi dikasih harga super-duper miring. Pantesan murah, biar dikasih bunga cicilan rendah yee? Hihihi. Ya sudah lah. Range harga asli dari Creasindo sih standar ya, standar mihils maksudnya. Mirip-mirip lah sama Griya Manten & Visi. Hiks. Dan, tiap saya lihat hasil dekornya, biarpun bagus (kadang bagus banget), tapi tetep ada yang kurang rasanya. Entah apa, walaupun saya nggak bisa nemuin kurangnya di mana.
Setelah dapet kontaknya, saya pun akhirnya ketemu mas Panji, si empunya Creasindo. Cucook book! Ngobrol sama mas Panji endeeus bett, padahal kalo di wasap ngomong cuma singkat-singkat dan rada galak. Euuu. Lalu hitung-hitung-hitung, mayan lah yee. Tetep ajee mihils. Tapi saat itu saya tetep mempertimbangkan Creasindo buat jadi vendor dekor, comparing with Griya Manten & Visi.

Ini foto yang sumbernya saya ambil langsung dari websitenya : KLIK DI SINI 






5. Kebon Hijau
Ini adalah vendor yang pernah dipakai sama sepupu saya yang jarak nikahnya hanya satu bulan dari tanggal pernikahan saya. Untuk hasilnya sih mirip-mirip Visi, dengan harga yang jaaauh lebih murah. Kenapa saya nggak pake Kebon Hijau? Karena mereka slow response banget. Setiap diminta pricelist, balesnya lama. Saat minta diitungin pricelist untuk dekor custom, sampe sekarang pun nggak dibalesnya. Ugh, jadi malas ya. Padahal hasilnya lumayan lho! Nggak yang heboh-heboh banget, tapi lumayan lah untuk standar dekor wedding yang apik (dan bukan seadanya).

Ini foto yang sumbernya saya ambil langsung dari websitenya : KLIK DI SINI!
Instagram : @kebonhijau_dekorasi







Jadi, siapa akhirnya yang terpilih jadi vendor?

Setelah pertimbangan yang cukup lama, akhirnya saya memutuskan untuk pakai Creasindo. Dari penawaran yang dikasih oleh 3 vendor terpilih, memang yang paling oke adalah offering dari Creasindo untuk penawaran selengkap itu (dekor akad nikah, resepsi, dan hias mobil manten-yang akhirnya gak saya pakai). Visi juga memberi penawaran yang sama sebenernya dengan harga yang 11-12 dengan Creasindo, tapi balik lagi ke masalah yakin enggaknya, akhirnya saya pilih Creasindo. Walaupun sempat galau banget, apalagi saya sering banget ngelihat hasil dekor Creasindo tuh kayak ada yang kurang. Tapi entah kenapa, mas Panji ini banjir pujian di mana-mana. Setiap vendor-vendor lain saya yang tau kalo saya pakai Creasindo langsung bilang:
"Wah, udah aman mbak kalo sama mas Panji."
"Dekornya mas Panji orisinil, Mbak, pasti beda dari yang lain"
"Mas Panji mah udah pasti bagusnya!"

Bahh. Akhirnya dengan kemantapan hati yang masih setengah jalan, kuberanikan diri untuk pilih Creasindo. 

Apa aja yang ditawarkan Creasindo untuk dekorasi pernikahan saya?

Dekor pelaminan, taman di depan pelaminan, karpet jalan (dan karpet jalan VIP), standing flowers, welcome gate, photo corner di 3 titik (di welcome gate, pojok gang, dan di area photo booth), 2 pergola (di welcome gate dan di tengah karpet jalan), dekor di bagian entertain, dekor bagian penerima tamu (termasuk dipinjamkan kotak uang dan diberikan buku tamu+spidol), hias tangga (kebetulan saya sewa gedung di lantai 2), penjor/janur penanda jalan, dekorasi Akad Nikah (meja, kursi, dan hand bucket).
Untuk paket free yang enggak saya ambil: hias mobil pengantin & Kembar Mayang (karena saya nggak pakai adat).

Lengkap kan? Lumayan lah ya, cukup lengkap menurut saya.

Gimana hasil dekorasi dari Creasindo?

Overall saya cukup puas, walaupun nggak puas-puas banget. Saya sangat puas dengan dekor di bagian penerima tamu, karpet jalan berikut standing flowernya, juga untuk dekor taman di depan pelaminan, cukup puas untuk dekor photobooth.

Agak kurang puas dengan dekor pelaminannya. Pertama karena flower dropnya terkesan nanggung, tapi hal ini udah dibilangin sama mas Panji karena JEC Arjuna Hall itu atapnya rendah, jadi untuk dekor pelaminan bisa jadi kurang maksimal. Hmm.. Okee! Tapi, sebenernya saya berharap karpet pelaminannya itu pakai rose petal (seperti karpet di photo booth saya) instead of only black carpet.
Juga untuk pergola yang di karpet jalan, saya suka dengan ornamen-ornamen yang digunakan, tapi saya nggak suka sama tiang pergolanya. Tapi ya udah lah ya, toh sayanya juga yang waktu itu manut-manut aja mau dekor seperti apa.

Ah iya, untuk hasil dekornya, saya mah nurut aja apa kata mas Panji. Saya cuma minta untuk tidak ada sentuhan tradisionalnya sama sekali. Selebihnya, monggo biar si pendekornya yang berekspresi.

Yuk cus dimari buat lihat hasil dekornya:


pelaminan
dekorasi akad nikah. FYI, backdrop LOVE itu miliknya vendor katering.
sisa-sisa kursi akad sebelum dipindahkan
area penerima tamu
welcome gate. dikasih pergola dan ada photo cornernya.

another photo corner, nggak jauh dari welcome gate

photobooth/photo corner lainnya. Maapin ye ada iklannya buehehe


Pergola
dekor entertain. sebenernya ekspektasiku lebih tinggi dari ini. tapi yaudiin lah yaw.
wek :p


NOTE: semua foto yang bukan berasal dari saya/bukan milik saya, sudah saya cantumkan sumbernya pada link.



1 komentar

  1. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete