Promil Part 8: Obat Penyubur Sel Telur

Setelah kontrol terakhir, saya menunggu waktunya haid supaya bisa kontrol ke dokter dan diberi obat penguat. Tapi, karena saya nggak haid-haid juga sampe mundur beberapa hari, saya pun beli tespek. Sebenernya, saya trauma banget deh beli tespek karena nggak kuat lihat hasilnya. Tapi, yaudah lah ya. Akhirnya saya beli juga dengan berbesar hati kalo lihat hasilnya nggak boleh kecewa. Seperti biasa, hasilnya negatif (saya udah duga sih karena saya udah mules-mules mau haid gitu cuma nggak keluar-keluar). Saya mulai mikir, kalo sampe hari Sabtu belum haid juga, berarti harus ke dokter buat ngecek kali-kali aja ada isinya (lah kok geer lagi? haha!).


Di hari Sabtu, saya kembali ke Sadewa IVF Center. Seperti biasa, antri tensi dan kemudian dipanggil masuk ke ruangan beberapa waktu kemudian. Dokter Hasto masih sama, sibuk ngebacain record promil saya dan nanya kapan HPHT. Karena saya belum haid, maka sayapun di USG Transv untuk dilihat apakah ada kantung di dalam rahim.

Hasilnya adalah: tidak ada kantung rahim. Well, I knew it, rite? Lalu dokternya bikin resep yang harus diminum jika saya haid. Beliau sih masih positif thinking, katanya ditunggu sampe minggu depan kalo belum haid, balik lagi ke sini. Kalo haid, berarti waktunya nebus resep dan diminum mulai hari kedua haid sampe lima hari ke depan. Obatnya adalah DIPTHEN, yang katanya sih bisa memperbesar ukuran sel telur. Belinya harus pake resep dokter.

Qadarullah, saya haid keesokan harinya. Maka hari itu juga saya langsung beli obatnya dan mulai konsumsi besokannya. Selama lima hari berturut-turut rutin minum obat tersebut di jam yang sama. Nggak ada efek apapun di badan sih, nggak bikin gendut atau jerawatan, meskipun itu obat hormonal.

Di hari pertama masa subur (kebetulan jatuh di hari Sabtu bertepatan sama jadwal praktek dokter Hasto), saya kembali kontrol. Saya kembali lagi di USG Transvaginal dan surprisingly, for the first time in forever, sel telur saya berukuran normal! Ukurannya sekitar 20mm, padahal biasanya saat ovulasi aja ukurannya cuma 17mm. Alhamdulillah, this is a good sign. Tapi tetep nggak mau geer karena geer itu tsakit sisst!

Karena sel telurnya normal dan matang, dokter menawarkan untuk suntik pemecah sel telur hari itu juga. Sempat agak mikir buat ngeiyain, tapi akhirnya saya nggak mau. Pertimbangannya adalah, di hari yang sama itu saya bakal sibuk sampe malem. Padahal kalo sel telur udah pecah kan harus berhubungan dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu, saya juga pengen nyobain yang alami dulu. Kalo bulan ini gagal, baru deh bulan depan nyobain disuntik. FYI, biaya suntik pemecah sel telur di Sadewa harganya sekitar 900ribu-1juta.

Akhirnya proses kontrol pun selesai. Saya diberi jadwal berhubungan untuk seminggu ke depan. Tidak ada obat/vitamin yang harus ditebus. Sayapun pulang dengan hati riang gembira karena baru sekali ini rasanya sel telur saya berkembang dengan normal (walaupun mungkin ada pengaruh dari obat hormonal yang saya minum). Hopefully ke depannya bakal semakin terang jalannya buat dikasih hamil dan punya anak. Aamiin!








0 komentar