Marathon Nonton Telenovela Amigos X Siempre

Hola Amigos!

Sebagai ABG era 2000an awal, tentu aja saya adalah salah satu dari banyak anak-anak yang suka banget sama telenovela Amigos X Siempre. Telenovela yang tayang ketika saya masih duduk di kelas 4 sampai kelas 5 SD itu tentunya selalu menemani siang hari saya di depan TV. Kadang suka kejar-kejaran dengan jam pulang sekolah, supaya nggak ketinggalan nonton Amigos di rumah. Saking senengnya sama telenovela Amigos, di sekolah saya sampe ada 'amigos-amigosan', di mana temen-temen sekolah dilabeli tokoh Amigos sesuai dengan kriteria yang paling masuk di antara mereka. Ada yang jadi Ana (well, padahal nggak mirip sama sekali karena yang dipilih jadi Ana ini rambutnya keriting), ada yang jadi Pedro (rambutnya belah tengah dan emang agak-agak bule gitu), ada yang jadi Patricia (ini sumpah mirip banget), Renata, Salvador, Fransisco, Amanda, dan lain sebagainya. Saya jadi siapa? Well, karena saya rambutnya wavy dan nggak populer, akhirnya saya kebagian jadi Merlina, pembantunya Santiago. Hiks. Hahaha!

Baca tulisan saya beberapa tahun yang lalu tentang Amigos DI SINI!

hayo, masih pada ingat nggak?
pict source

Setahu saya, telenovela Amigos diputar selama beberapa periode dari tahun ke tahun. Ketika saya sudah SMP atau SMA (lupa tepatnya), saya sempat lihat Amigos diputar di TV saat subuh-subuh. Setelah era telenovela berakhir, tentu aja semua jadi lupa dengan Amigos. Begitu juga dengan saya. Barulah ketika era digitalisasi mulai merebak di Indonesia, saya mulai keinget lagi dengan Amigos. Mulai lagi cari-cari telenovela ini supaya bisa ditonton ulang. Tapi, ternyata susahnya minta ampun! Waktu itu, sempat nemuin link untuk beli DVDnya, tapi harganya mahal dan nggak ada subtitlenya. Terus, juga sempat nemuin di Youtube, tapi nggak pernah sampe selesai diupload sama pemilik channelnya karena dia cuma upload 10 episode pertama doang. Huft, sebal! Bertahun-tahun nyari dan nggak pernah ketemu. Sedih banget, kan?

Akhirnya, di tahun 2022, saya nemu Youtube yang ngeupload Amigos X Siempre bersubtitle Bahasa Indonesia! Hore! Karena di Youtube hanya tersedia cuplikannya aja, akhirnya saya beralih ke blognya untuk bisa download episodenya secara full (Saya bakal kasih link untuk bisa download video dan MP3 Original Soundtracknya DI POSTINGAN INI PALING BAWAH). Jujur, saat nemuin blog ini, saya seneng banget karena akhirnya bisa nonton Amigos dengan nyaman pakai subtitle Indonesia. Hanya aja, waktu itu masih belum full diupload karena pemilik blognya masih on going kerjain subtitlenya. Kayaknya, waktu itu baru diupload sampe episode 80an, sementara total episodenya ada 115+1episode konser Amigos. Karena saya udah terlanjur marathon nonton sampe episode 40an di bulan itu, daripada penasaran semakin berlanjut, akhirnya saya berhenti nonton di episode 57 atau 58 (lupa tepatnya). Sambil nunggu pemilik blog kelar upload sampe episode terakhir. Kalo dihitung-hitung dari jadwal uploadnya, kayaknya sih bakal kelar di Juli. Saat itu masih bulan Mei, jadi saya stop nonton sambil nunggu Juli hehehe. Biar sekalian tamat gitu maksudnya.

Akhirnya, beneran kelar diupload semua episode di bulan Juli. Setelah semuanya saya download, akhirnya saya mulai marathon lagi deh, nonton mulai episode 58 sampe selesai. Dan, akhirnya kelar nonton di hari ini! Horee!! Puasss banget, finally bisa tamat nonton telenovela Amigos tanpa skip episodenya sama sekali (Well, dulu juga tamat sih, tapi kan banyak bolong-bolong episodenya karena terlewat nonton di TV, mana jaman segitu belum ada TV On Demand pula ya kan?). 

Bahagia banget rasanya bisa namatin telenovela di jaman saya masih ABG. Terasa banget hawa-hawa nostalgia saat nonton telenovela ini, dan rasanya energi saya bisa terisi penuh lagi. Menarik juga nih kalo sesekali bisa nonton tayangan jaman ABG dulu, iya nggak, sih?

pernah ter-Pedro-Pedro pada masanya
pict source

Fun Fact setelah saya rewatch Amigos (2002 vs 2022):

SATU
Di 2002, saya naksir berat sama Pedro. No one can replace him in many years.
Di 2022, saya ngeliat Pedro kayak anak-anak banget. Cakep sih, tapi masih anak-anak. Di sini, saya justru naksir berat ama Marco, dan sedikit naksir sama Alex. Marco cakepnya subhanallah banget nggak ketulungan, sampe kemimpi-mimpi saking cakepnya.

DUA
Di 2002, saya nggak banyak nangis. Karena mungkin aja banyak adegan yang terskip, atau terlalu terpesona sama Pedro. Dulu, saya cuma nangis di part-part menyedihkan milik Pedro (misal saat rambutnya dipotong Neftali, atau saat dia dikucilkan temen-temen).
Di 2022, saya banyak banget nangis. Misal, di partnya Salvador & Gilberto Renata, atau di partnya Julia dan Salvador. Juga waktu keluarga Sanchez-Gavito akhirnya akur lagi. Bahkan, partnya Santiago yang akhirnya ketemu sama orangtuanya dan part Santiago berpelukan dengan Merlina & 000 pun bikin saya terharu. Banyak banget pembelajaran yang saya ambil dari scenes di episode Amigos, yang ternyata lebih dari sekedar cakepnya Pedro di 2002 (emang dasar otak cinta-cintaan ya gue di tahun 2002 huft!)

TIGA
Di 2002, saya merasa Amigos terlalu singkat. Pengen lebih dipanjang-panjangin lagi supaya bisa puas liatin Pedro.
Di 2022, saya merasa banyak sekali scene-scene yang dipanjang-panjangkan dan sebenernya bisa dipotong. Misal saat scene Olga (yang sebenernya bisa dipangkas), atau scene Carlitos kabur sampe ke stasiun TV segala (I knew that was kinda promotion for Televisa, tttapi kan bisa dipersingkat supaya nggak bosan, ya kan?). Juga saat pemilihan direktur Vidal di awal-awal episode, yang sebenernya bisa dipadatkan. Telenovela ini seharusnya bisa jadi 60-80 episode saja, tapi karena banyak scene-scene yang nggak perlu, jadi bisa 115 episode.

EMPAT
Di 2002, saya merasa sangat nyaman nonton Amigos dengan dubbing Bahasa Indonesia. Bahkan, saat saya cari telenovela ini di 2011, saya barusaha nyari yang dubbing Bahasa, nggak mau yang bahasa aslinya.
Di 2022, saya justru nyaman banget nonton dengan bahasa asli dan subtitle Bahasa. Meskipun harus selalu lihat subtitle, tapi saya merasa nyaman banget mendengarkan mereka bicara bahasa Spanyol. Bahkan, saya merasa bahwa bahasa Spanyol jadi cukup menarik buat dipelajari dan banyak kosa kata Spanyol yang saya pahami dari nonton telenovela ini. Contohnya: gracias, oye, hola, amigos, mucho, por favor, chikito, ninos, kata -a untuk perempuan, kata -o untuk laki (contohnya nina untuk anak perempuan, nino untuk anak laki-laki), dan juga imbuhan -ita/-ito untuk sebutan anak-anak (semisal: Ana jadi Anita, Pedro jadi Pedrito, Renata jadi Renatita, Amanda jadi Amandita, Ernesto jadi Ernestito, dan sebagainya). So fun learning it!

LIMA
Fun Fact terakhir: total marathon telenovela ini adalah 2 bulan, yaitu di bulan Mei dan Juli. Tapi nggak tiap hari nonton, ada saat-saat di mana saya nggak nonton. Sehari, saya sempatkan nonton satu episode, dan kadang-kadang juga bisa sampai 5 episode kalo lagi luang. Di hari Sabtu-Minggu, saya bisa nonton sampe 10-15 episode. Tapi ada hari-hari di mana saya nggak sempat nonton sama sekali. Terakhir, saya nonton sampai episode final adalah di 24 Juli 2022. Hore! 

***

Berikut adalah rekap singkat episode Amigos buat yang pengen recall tentang cerita Amigos. Lengkapnya, tentu aja, kalian kudu nonton yah! Ini cuma highlightnya aja.

Episode 1-5: Julia kena serangan jantung. Salvador yang lagi di Corpus Christi akhirnya kudu pulang untuk nengokin Julia. Fransisco ambil alih institut selama Julia sakit. Pedro berusaha kenalan dengan Ana, sementara Ana masih takut-takut karena selama ini diintimidasi sama Fransisco. Akhirnya Pedro berhasil temenan ama Ana. Tapi, Salvador malah pengen balik ke Corpus Christi karena berantem mulu ama Julia. Salvador ngobrol dari hati ke hati dengan Ana dan mutusin untuk nggak jadi balik ke Corpus Cristi.

Episode 6-10: Salvador dapat kesempatan untuk involve di sekolah Vidal, tapi ternyata hasilnya masih mengecewakan menurut semua orang (kecuali bagi pendukung Salvador). Akhirnya Salvador balik ke Corpus Christi dan ninggalin Pedro di San Miguel buat jagain Ana.

Episode 11-20: Fransisco, Neftali, dan Santiago memprovokasi semua orang tentang Pedro yang hanya anak adopsi dan orangtuanya tidak menikah. Semua orang menjauhi Pedro. Neftali juga menyiksa Pedro dengan hukuman-hukuman yang nggak masuk akal. Pedro jadi tertekan dan berubah menjadi seperti apa yang diharapkan Fransisco. Crispin yang nggak tega dengan keadaan Pedro, akhirnya melaporkannya ke Marco supaya Marco bisa bilang ke Salvador.

Episode 21-30: Salvador kembali ke San Miguel setelah didatangi oleh Marco dan Crispin. Salvador berusaha mendekati Pedro yang sudah berubah. Akhirnya Pedro kembali menjadi dirinya sendiri setelah Neftali menghukumnya dengan menggunakan Ana sebagai umpan. Javier tertipu oleh seseorang dan terancam kehilangan bengkelnya. Salvador memperjuangkan hak Pedro untuk tetap bersekolah di Vidal. Sementara Amanda dan Ernesto melanjutkan perselingkuhan mereka saat Amanda ikut Salvador kembali ke San Miguel.

Episode 31-42: Julia memutuskan untuk memberikan kompetisi bagi Fransisco dan Salvador supaya bisa menentukan siapa yang pantas jadi direktur menggantikan Julia. Salvador kebagian sekolah putri dan Fransisco di sekolah putra. Kecurangan-kecurangan yang terjadi membuat program kerja Salvador jadi terlihat buruk di mata semua orang. Namun, untungnya di akhir kompetisi, ada Maximo Lujan, teman Julia, yang ikut campur memberi penilaian.

Episode 43-54: Dengan adanya Maximo, kompetisi Salvador dan Fransisco terlihat lebih objektif hingga akhirnya Salvador memenangkan kompetisinya dan berhasil jadi direktur sekolah Vidal. Karena mereka sudah pernah ikut kompetisi musik (di episode-episode sebelumnya), akhirnya Maximo mengundang mereka ke Jamaica untuk membuka Konferensi Pendidikan dengan konser musik mereka. Karena biaya pesawat tidak ditanggung, mereka berusaha ngamen bikin konser musik di jalan untuk dapat uang, tapi karena tidak cukup, akhirnya Marco menawarkan diri untuk mengantar mereka ke Jamaica dengan pesawat pribadinya.

Episode 55-62: Mereka naik pesawat Marco ke Jamaica tapi pesawatnya jatuh karena disabotase Fransisco. Trus mereka pada terjun payung dan terdampar di antah berantah. Neftali hilang ingatan dan jadi dagelan selama mereka di antah berantah sembari mereka berusaha bertahan hidup di sana. Sementara Fransisco kembali ambil alih sekolah selama Salvador hilang di antah berantah. Carlitos berusaha mencari Ibu dan kakaknya sampai terdampar di Mexico City.

Episode 63-75: Di antah berantah, mereka mulai nemuin tenda milik orang lain (Olga dan Nico). Akhirnya mereka tau rencana jahat Olga dan berhasil nyelametin profesor yang disekap Olga. Setelah Olga dikalahkan, akhirnya mereka berhasil balik ke San Miguel, tepat ketika Julia dan yang lain sedang ngadain misa kematian mereka.

Episode 76-83: Patricia tinggal dengan Salvador karena Ibunya pergi setelah dengar kabar anaknya meninggal. Amanda juga pergi setelah mengira Salvador meninggal. Marco masih berusaha deketin Isabel, dan bikin Javier (suami Isabel) marah sampe hampir cerai. Fransisco kecelakaan dan dirawat di biara tempat Claudia tinggal sementara.

Episode 84-95: Neftali bergabung dengan sekolah preman (tempat Alex, Nacho, dan Graciella sekolah). Lalu mereka berusaha hancurin sekolah Vidal dan bikin mereka terpecah belah. Meskipun anak-anak Vidal sempat terpecah belah, tapi akhirnya mereka tetep bersatu. Graciella dan Nacho juga akhirnya berteman dengan anak-anak Vidal. Alex jadi sadar setelah diselamatkan Salvador saat Alex ngebakar sekolah, kemudian Alex pun ikut berteman dengan anak-anak Vidal.

Episode 95-100: Fransisco yang dikira sudah meninggal akhirnya kembali, bebarengan dengan Claudia yang kembali. Fransisco pura-pura jadi baik untuk ambil hati semua orang. Amanda bertemu dengan Dario, seorang pelukis dari Mexico, dan memaksanya bekerja sama. Amanda ngebawa lukisan Manuel, anak Dario yang udah meninggal, untuk dibawa ke San Miguel sebagai ancaman supaya Dario mau kerjasama dengan Amanda. Lourdes dan Carlitos berusaha mendamaikan orangtuanya yang kekeuh pengen cerai. Fransisco dan Salvador berdebat di ruangan yang sedang direnovasi akibat kebakaran, dan Fransisco menjatuhkan kayu ke arah Salvador. Ana yang melihatnya, berusaha mengalihkan kayu supaya nggak mengenai Salvador, tapi malah kena Gilberto.

Episode 101-109: Gilberto koma. Ana dibuat merasa bersalah sama Fransisco karena gara-gara kekuatan Ana, Gilberto jadi koma. Salvador masuk penjara. Pedro dibawa kabur Amanda, Fransisco, dan Neftali untuk dijual. Dario berusaha memecahkan misteri kematian anaknya dan mencari tau apakah Ana adalah anak Fransisco atau Manuel. Renata membongkar perselingkuhan ayahnya dengan Amanda, dan Nena yang sudah sadar akhirnya minta cerai dari Ernesto.

Episode 110-112: Ana dan Rafael mencari Pedro. Neftali berubah jadi baik dan menyelamatkan Pedro. Amanda yang ketakutan karena takut dilaporkan polisi atas penculikan Pedro, berusaha baik-baikin Salvador dan akhirnya menyerahkan adopsi legal Pedro ke Salvador. Renata yang putus asa karena ayahnya tetap nggak mau menganggapnya ada, akhirnya memotong rambutnya jadi pendek, yang menyadarkan Ernesto untuk berubah. Ernesto juga akhirnya tau bahwa Amanda dan Fransisco mengkhianatinya, lalu berbalik melaporkan semuanya pada Salvador dan Julia. Keluarga Sanchez-Gavito akhirnya akur lagi.

Episode 113-114: Amanda meninggal karena kecelakaan akibat dikejar Fransisco yang menuduhnya mengambil surat wasiat palsu (yang padahal sudah diambil Neftali, Crispin, Ana dan Pedro dan diamankan di ruang bawah tanah Marco). Fransisco yang masih kebingungan menjadi marah dengan semua orang karena surat wasiatnya hilang. Santiago berubah jadi baik setelah orangtuanya ditelpon anak-anak Vidal dan memutuskan kembali untuk tinggal bersamanya. 

Episode 115: Julia membuat pengakuan bahwa Ana adalah anak Manuel dan Laura, yang berarti bahwa Ana juga cucu dari Dario. Julia lega setelah semua rahasianya diakui dan nggak peduli lagi sama Fransisco. Ibunya Melissa mengakui semua rahasianya dan melepaskan Melissa untuk bisa bersama Salvador. Patricia juga berubah menjadi baik setelah berpikir bahwa kekayaan bukan segalanya. Setelah semuanya menjadi baik, mereka berkumpul di sekolah untuk menyambut Salvador yang sudah keluar dari penjara. Fransisco masih mencoba untuk kudeta tapi akhirnya berhasil diamankan oleh polisi. Beberapa bulan setelah itu, Salvador menikah dengan Melissa, dan semuanya hidup bahagia. Cerita ditutup anak-anak Vidal yang sudah lulus SD, dengan Salvador, Crispin, dan guru olahraga yang menghancurkan tembok penghalang antara laki-laki dan perempuan  supaya mereka bisa bersatu. Horeeee tamattt!

***

Dan ini yang terakhir, I would like to thank DRAGOLOCKI karena udah upload telenovela ini dengan lengkap dan bersubtitle Bahasa Indonesia. Saya tau, dia pasti berusaha keras buat bikin subtitlenya, juga menguploadnya ke blog secara lengkap. So, buat kalian yang pengen download telenovela Amigos X Siempre secara lengkap dan gratis, bisa langsung klik link di bawah ini. Jangan ngeluh kalo ada iklan, ya? Karena itu bagian dari support kita ke Dragolocki karena udah mau kasih telenovela ini dengan gratis. Tapi kalo kalian males dengan iklan-iklan yang dipasang sebelum download, kalian bisa langsung beli aja telenovelanya via Shopee/Tokopedia milik Dragolocki. Bisa langsung kalian check di linktreenya di sini: https://linktr.ee/dragolockisubs

LINKhttp://www.dragolockisubs.com/

FAQ serba-serbi download episodenya: http://www.dragolockisubs.com/p/faq.html

Buat yang mau dengerin Original Soundtrack Telenovela Amigos X Siempre, silakan klik DI SINI (milik Dragolocki) atau via Youtube DI SINI (milik channel AngelesPatito).

Hope you guys enjoy it, yaaa!

Cheers!




0 komentar