Catatan Seorang Sahabat

setelah sekian lama, akhirnya saya nulis lagi deh tentang ini.
setelah sekian lama saya berjanji ngga akan bahas ini dimanapun.
setelah saya menghapus segala tulisan tentang dia di blog.
setelah saya benci sama dia. setelah saya marah sama dia.
setelah saya menyadari bahwa semua itu ngga ada gunanya.
setelah saya sadar bahwa saya masih menganggapnya sahabat..

saya ngga tau berapa kali saya bikin tulisan tentang ini dan kemudian men-delete-nya. mungkin udah berkali-kali. tapi kali ini saya bertekad ngga akan nge-delete semua ini.
semuanya berjalan begitu cepat. saat saya membuka mata, saya sadar semuanya begitu berbeda.
sebelumnya saya ngerasa kalo semuanya masih seperti dulu. kita masih bisa tertawa, masih bisa ngumpul, bahkan masih bisa berantem untuk hal-hal kecil.

kalo kata om eross chandra mungkin seperti ini,
kita selalu berpendapat kita ini yang terhebat kesombongan dimasa muda yang indah
aku raja kaupun raja aku hitam kaupun hitam, arti teman lebih dari sekedar materi..

baru nyadar kalo lagu itu dalem banget.. terlalu banyak kenangan yang ada diantara saya dan dia. bahkan sampe detik ini pun saya ngga nyangka akan seperti ini.. tapi yaudahlah, mungkin Tuhan emang menakdirkan saya buat terpisah dan loose contact sama dia.

ini bukan cerita cinta. ini catatan seorang sahabat.




Her name is Fatimah. saya biasa panggil dia Ima. setahun lebih tua dari saya. tampangnya imut banget. badannya kecil. tapi anaknya pinter banget. padahal kerjaannya cuma baca novel, baca komik, cekakak-cekikik, becandaan. tapi waktu nilaiku jeblok, dia malah dapet nilai bagus (sialan!). wajahnya juga cantik, sampe-sampe kebanyakan cowo yang aku taksir, malah balik naksir sama ima  oke nevermind. balik ke topik ya, dulu saya deket banget sama dia. kenalnya waktu hari-hari pertama masuk kelas satu smp. masih inget banget, dia bilang sama saya kalo kami satu kelompok ngaji disekolah. setelah itu, (seinget saya) kami selalu duduk sebangku waktu kelas ngaji. trus kadang suka kabur dari kelas kalo udah dapet giliran ngaji, cuma buat jajan pempek diluar gerbang hahaha :D

Ada yang bilang, sahabat itu nggak peduli, mau seperti apa kondisi sahabatnya, yang penting kita selalu ada disampingnya. Iya, itu yang terjadi sama saya dan Ima. Dulu, saya bener-bener jadi anak baru gede yang ngeselin, centil, sok yes banget didepan kakak kelas. yaah, wajar aja kali ya, namanya juga abg labil (zzzzz) sampe banyak banget anak-anak yang bilang saya nyebelin, sok keren (hahaha emang gua keren kali!), sampe nyaris dihabisin sama kakak kelas. tapi keanya Ima nggak pernah peduli sama tingkah saya yang seperti itu (mungkin karena dia juga punya kecenderungan proud to be the trouble maker hahahaha dulu loh dulu). dia juga ngga peduli dengan saya yang biasa-biasa aja dikelas, nggak terlalu menonjol kea dia. dia ngga peduli kalo saya dijejerin sama dia itu kea beauty and the beast. dia taunya hanya saya temen dia yang baik, sayang sama dia dan saya juga ngga pernah peduli, mau kea gimana dia, saya ngga pernah iri sama apa yang dia miliki, karena yang kami tau itu isinya cuma berteman. karena yang kami tau, semua itu nggak lebih penting daripada harga pertemanan kami.

fakta bahwa Ima adalah temen terbaik yang pernah saya punya itu nggak akan pernah saya pungkiri. 3tahun yang bener-bener sempurna buat saya. kebodohan-kebodohan yang kami buat dan nggak ada habisnya, semua itu nggak akan pernah bisa hilang dari ingatan saya. honestly, saya nggak pernah menyesal sama semuanya. saya nggak pernah merasa kebodohan-kebodohan itu adalah sebuah kesalahan. yap, wajar kan? namanya juga anak-anak. berbuat bodoh ataupun konyol, buat kami adalah hal wajib yang harus kami lakukan tiap hari (saat itu). saya nggak pernah membayangkan kehidupan yang lebih indah dari itu, saya hanya menjalani apa yang ada didepan saya dengan hati yang senang. saya nggak pernah tau apa isi hati Ima, apakah ia punya tanggung jawab lain untuk kedepan atau untuk orangtuanya, saya nggak pernah tau. karena ya itu tadi, yang saya tau isinya pertemanan. mungkin dalam bab itulah saya kurang memahami dia sebagai sahabat saya.

dalam ruang pikiran saya, masih jelas tergambar hari-hari yang saya lakukan disekolah dengannya. rasanya baru sekejap mata saat saya dan dia membentuk 'SeaCom' bersama enam anak yang lain. baru kemarin rasanya saya dan ima bermain sepulang sekolah ke rumah Cemily cuma buat cerita-cerita nggak jelas sampe maghrib. keluyuran keluar kelas saat pelajaran dengan dalih ijin ke toilet hanya untuk ngecengin cowok-cowok dikelas lain. main ke warnet sepulang sekolah sampe maghrib cuma buat main friendster dan yahoo mesenger. latihan tapak suci (semacem kegiatan ekskul beladiri disekolah muhammadiyah) tiap hari jumat dan selalu lompat pagar sehabis lari putar jalan. bolos sekolah cuma buat nonton dealova (karena kami berdua sama-sama naksir tokoh Dira), saat kami berjanji mau beli mp3 player kembar dengan warna yang berbeda (pink dan biru--saya yang biru, tentu aja!), saat kami berjanji akan daftar di SMA yang sama. saat itu kami berjanji akan kuliah juga di fakultas yang sama. saat itu kami berjanji bahwa kami akan tetap menjadi sahabat selamanya.

iya, namanya janji ya cuma sekedar janji. mungkin dia udah lupa. saat itu, akhirnya kita berpisah buat sekolah ditempat yang berbeda, saya nggak pernah sangka kalo itu akan bener-bener jadi perpisahan yang selamanya buat kami. saya masih sering dateng ke pesantren tempat dia sekolah dan dipondokkan oleh orangtuanya, sampe akhirnya intensitas saya kesana udah berkurang dan jadi nggak ada sama sekali. sibuk, maklum aja kan? saat itu dia (masih) mengharap saya dan teman-teman buat dateng kesana. entah mungkin karena pergaulan disana atau gimana, dia mulai melupakan saya, sama seperti saya melupakan pertemanan saya dan dia. hingga facebook mempertemukan lagi saya dengan Ima, saya masih menganggap keadaan masih seperti dulu.

Ternyata enggak juga. keadaan udah berubah. saya seperti sama sekali nggak kenal sama dia. dia seperti.. bukan dia yang dulu. dan saat itu saya baru sadar, ternyata saya dan dia itu sangat berbeda. beda banget. dunia kami pun juga berbeda. kubu kami juga berbeda. dan pertemenan kami ngga cukup kuat buat mempertahankan apa yang kami sebut sahabat itu. dan tentu aja, saya marah sama dia. saya ngga tau apakah dia atau apakah saya yang sebenernya udah menghindar. saya rasa semuanya udah berubah saat kami meninggalkan bangku putih biru, hanya saya aja yang belum menyadari.

lama saya udah lupain dia. sampe pada hari ini, saya berfikir. apa yang salah?bukankah kita punya tanggung jawab masing-masing? bukankah dia, Fatimah, akan tetap sama seperti yang saya kenal dulu? saat ini saya ngga peduli seberapa besar perbedaan yang telah terjadi, yang telah meruntuhkan persahabatan kami. saya masih tetap ditempat yang sama, saat yang saya tau bahwa kami isinya cuma berteman.

seperti yang pernah ima bilang,"Aku pengen, persahabatan kita nggak cuma di dunia aja, tapi juga di akhirat nantinya. Kamu yang tegar yaa.."

dan saya akan selalu tegar, saya selalu menganggapnya sahabat. sampe kapanpun. Semoga hidupmu bahagia ya, Ma. semoga kamu dan keluarga kecilmu selalu dalam lindungan-Nya.

Tak pernah kita fikirkan ujung perjalanan ini.
Dan tak usah kita fikirkan ujung perjalanan ini..



0 komentar