MTV, GUE BANGET!

Beberapa hari yang lalu (17/2) saya nonton Just Alvin di metro TV. awalnya sih karena saya liat VJ daniel disitu, jadi kepengen nonton acaranya. ternyata Just Alvin episode itu mengulas tentang program MTV yang sempat booming beberapa tahun silam. bintang tamu yang datang tentu aja para VJ dari tahun lama sampe akhirnya MTV udah mulai surut. dari obrolan yang mereka omongin, jelas mereka kangen sama MTV dan sangat menyayangkan karena MTV udah nggak ada lagi di Indonesia. kebetulan karena saya juga follower twitternya VJ daniel, jadi saya juga dulu sempat baca tweetnya yang katanya sempat jadi trendingtopic: "Guys, let's make this TTWW >>> #AnakNongkrongWantMTVBack #MTVIndonesia"

saya pikir-pikir lagi, emang bener juga sih kalo MTV itu ngangenin banget. karena kebetulan saya juga ngalamin jaman MTV, sejak saya masih kelas 7 saya udah mulai rajin jadi anak nongkrong yang mantengin MTV sampe hafal sama jadwalnya. MTV dulu booming banget, saya udah ngerasa paling gaul aja dulu kalo udah nonton MTV hahaha yang masih nyangkut di ingatan saya adalah MTV Ampuh yang nampilin 20 tangga lagu Indonesia. bener-bener lagu Indonesia yang disukai. ada juga MTV Gokil, dimana waktu itu Ringgo Agus masih newbie di TV. kalo tengah malem suka kebangun kadang suka nonton Pimp My Ride. Banyak tau artis-artis dan penyanyi juga dari MTV, kenal lagu luar negeri juga dari situ. seriously, saya yakin tontonan kebanyakan anak muda saat itu adalah MTV, tolak ukur musik yang sedang in di Indonesia pun di ukur dari tayangan-tayangan video klip yang diputar oleh MTV. sampe VCD bajakan yang dijual di emperan aja bajaknya lewat mtv.

yang menarik dari MTV adalah nampilin video klip dari band atau penyanyi. saat itu--seperti yang dibilang para mantan VJ di acara Just Alvin saat itu, dengan menampilkan video klip secara utuh, banyak sekali kreativitas yang dibuat. saat itu banyak director yang menggarap video clip, dan diakui atau tidak itu adalah salah satu aset bangsa yang menjual kreativitas dari indonesia. sayang banget ya, kenapa mesti ngilang ya? saya juga nggak habis pikir. menurut saya, kebanyakan yang katanya acara musik Indonesia, tapi kalo saya bilang itu adalah acara komedi musikal Indonesia. yap, hanya untuk rating. bukan 100% musik seperti MTV. kalo emang kenyataannya kea gitu, kenapa MTV bisa kalah sama acara-acara komedi musikal yang sekarang sangat booming tersebut? saya nggak bermaksud menjelek-jelekkan program musik stasiun TV sekarang ya, saya pun tertawa dan merasa terhibur sekali saat saya nonton acara musik tersebut. dari segi lucu-lucuannya, jelas acara-acara itulah yang menang. tapi dari segi kualitas musik dan yang bener-bener 100% musik ya jelas menang MTV. yah, mungkin emang sekarang jaman udah beda. sekarang udah jarang orang-orang beli kaset atau vcd para penyanyi atau band. jangankan yang asli, yang bajakan pun mereka nggak akan repot-repot. mereka lebih pilih download di internet yang gratisan. nggak munafik, saya pun juga begitu. sekarang juga udah jarang ada orang yang dengerin radio untuk acara musik. bisa dihitung, mereka dengerin radio saat-saat tertentu aja; saat lagi di mobil, saat lagu temennya diputer di radio, saat temennya siaran, saat temennya di interview di radio. yap, padahal saya masih ingat tiap malam saya dulu juga dengerin radio yang sekarang bahkan saya udah lupa dimana radio saya tersebut. hahaha  

oke balik lagi ke MTV, setau saya MTV Ampuh itu tangga lagunya diurutkan berdasarkan penjualan kaset CD/VCD dan juga frekuensi diputarnya lagu tersebut di radio. dan itulah yang fair menurut saya, karena acara musik saat ini saya ngga tau tolak ukur mereka dalam membuat tangga lagu. malah, ada juga yang gara-gara presenternya itu bikin lagu, terus lagunya dimasukin jadi posisi atas. wah subjektif banget kalo itu sih. dan yang lebih menarik buat saya, MTV punya VJ atau presenter atau pembawa acara yang unik. VJ itu seinget saya singkatan dari Video Jockey. MTV punya program khusus buat cari VJ berbakat tiap tahunnya, namanya MTV VJ Hunt. bener-bener kompetisi yang menarik dan buat saya, para VJ yang terpilih memang berkualitas dalam membawakan acara, lancar berbicara, fasih berbahasa inggris, dan komunikatif. favorit saya saat itu adalah Evan Sanders, Rianti, dan tentu aja VJ Daniel haha pada kemana ya para VJ itu sekarang? saya sempat googling, mereka udah sangat berbeda dari waktu mereka masih jadi VJ. kalo pun misal mereka kembali bawain acara MTV saat ini, tentu aja umur mereka udah nggak pas lagi, karena mereka udah dewasa dan acara MTV itu tembakannya buat anak muda. yahh, buat VJ Daniel sih mungkin pas-pas aja ya. tapi kalo buat Ari Untung atau Sarah Sechan, keanya udah nggak pas lagi. Auranya udah beda. Tapi bener-bener saya akui kalo para VJ tersebut emang top banget!

Namanya perkembangan jaman, pasti akan pesat berkembangnya. Begitu pula acara TV yang terus berkembang mengikuti perjalanan waktu. Masa-masa kejayaan MTV udah abis. udah diganti dengan program-program lain yang lebih digandrungi anak muda saat ini. Saya hanya berharap suatu saat MTV bisa balik lagi buat ngisi acara-acara musik berkualitas di Indonesia. karena memang setau saya, MTV belum mati di dunia. MTV hanya mati di Indonesia. saya harap, semuanya bisa kembali seperti dulu. mungkin suatu saat nanti, akan ada lagi video-video klip yang membanjiri acara musik dan ditampilkan secara utuh. nothing is impossible right?



0 komentar