Promil Part 3: Tes Analisis Sperma

Yak, akhirnya di tanggal 26 Oktober 2019, saya haid. Merujuk pada postingan sebelumnya, kalo dalam dua kali periode haid saya belum hamil juga, itu artinya suami harus tes analisis sperma.

Di hari itu juga, saya langsung telpon ke HiLab (yang mana sudah diberi pengantarnya oleh dr. Enny) untuk menanyakan availability tes sperma. Alhamdulillah, ada slot untuk besok paginya, dan kami harus datang pagi-pagi sekali jam 6.30 untuk tes sperma.

pict source
Hari Minggu, 27 Oktober 2019.
Kami sampai di HiLab jam 6.30. Setelah ambil nomor antrian (tapi karena nggak ada antrian), kami langsung ke meja resepsionis. Setelah bilang kami mau tes sperma suami, suami langsung dikasih kertas kecil yang harus diisi. Rada lupa isinya apa aja, tapi yang jelas ada data kapan terakhir sperma keluar. Sebelumnya sih udah dikasih tau sama dr. Enny kalo sperma harus dikeluarin 3 hari sebelum tes sperma. Kebetulan pula suami udah terbiasa self service 3 hari sebelum weekend biar pas bebikin anak pas spermanya dalam kondisi bagus. Berhubung sehari sebelumnya saya lagi berhalangan dan suami udah terlanjur self service, jadi dadakan booking tes sperma di HiLab buat hari besoknya pun masih tetep diterima karena syaratnya udah terpenuhi. FYI, untuk tes analisis sperma di HiLab harus dengan perjanjian dulu ya, nggak bisa dadakan. Mihihihi.

Setelah isi data dan bayar biayanya, perawat cowok datengin suami saya untuk mengantar ke ruangan tempat doi bisa ngeluarin sperma. FYI, untuk tes ini, istri boleh nemenin atau bantuin suami yahh. Saya juga ikutan masuk ke ruangannya. Ruangannya sih standar, ada kasur, sofa, tv beserta cd playernya, dan ada album foto. Pas ke sana sih pas cd playernya kosong, nggak ada isinya, tv pun juga nggak bisa dinyalain. Tapi album fotonya full yakk, banyak foto mas-mas dan mbak-mbak yang... yahh.. you know lahh, yang biasa dipake para laki berimajinasi.

Lalu perawatnya ngasihin wadah untuk sperma dan berpesan kalo bisa sperma jangan sampe tercecer. Trus nanti juga harus ditulis jam berapa sperma keluar, utuh atau tercecer, metode yang dikeluarkan (sendiri atau sama istri). Maksudnya sama istri di sini tuh suami istri boleh berhubungan, makanya disediain kasur. Tapi tetep dikeluarin di luar ya (yaiya lahh!). Berhubung saya lagi haid, jadi bantuinnya dikit-dikit wae ya mehehe.
FYI: kalo bisa spermanya utuh ya, jangan tercecer karena volume sperma juga jadi bahan analisis.

OKAY. Setelah selesai dan semua info dicatat, saya dan suami balik lagi ke resepsionis buat kasihin wadahnya. Kami boleh pulang dan hasil bisa diambil 2 hari kemudian.
Seharusnya hasil bisa diambil di hari yang sama. Tapi nggak tau tuh kok resepsionisnya bilang harus nunggu 2 hari. Besoknya saya telpon, ternyata hasilnya bisa diambil malemnya. Untunglah, jadi nggak perlu nunggu 2 hari.

Begitu dapet hasilnya, saya langsung kontak dokter Enny dan langsung disuruh kontrol malem itu juga. buset! Cepet amat yak! Karena terlalu dadakan, akhirnya saya mundurin jadi di 29 Oktober 2019.

Hari  Selasa, 29 Oktober 2019.
Prakteknya ternyata libur karena dokter Enny lagi ada tindakan emergency. Jadilah diundur besok sorenya.

Hari Rabu, 30 Oktober 2019.
Kontrol ke dr. Enny jam 15.00. Antriannya belum banyak, jadi nggak terlalu lama. Tapi (teteup) 1 jam kemudian baru bisa masuk, biasa lah namanya juga endonesa jam karetnya kaga bisa dihindari.
Begitu saya masuk, dr. Enny langsung ngeliat hasil analisis sperma suami. Kata dokter, sperma suami berada dalam jenis Normozoospermia yang artinya normal (padahal saya juga udah googling juga sih cara baca hasilnya, tapi denger dari dokter rasanya lebih plong).  Alhamdulillah ye sis.
Setelah memastikan bahwa sperma suami normal, dr. Enny langsung kasih pengantar untuk tahap akhir pemeriksaan promil, yaitu tes HSG. Nah, baru tau deh kenapa disuruh buru-buru kontrol ke dr. Enny, karena tes HSG harus dilakukan setelah selesai haid dan sebelum masa ovulasi dimulai. Idealnya di hari ke 9-10 sejak HPHT. Dan sebelumnya harus minum antibiotik dulu selama 6hari.

Berikut yang harus dilakukan sebelum tes HSG:
1. Telepon Laboratorium untuk melakukan booking. Kebanyakan Laboratorium harus melakukan booking/janjian dulu sebelum tes HSG. Nggak bisa dadakan.
2. Potong/cukur bulu vagina sebelum tes HSG.
3. Minum obat sesuai resep dokter. Saya diresepkan antibiotik doxicyclin selama 6hari dan obat pereda nyeri yang hanya diminum 1 jam sebelum proses HSG dimulai.
4. Tidak boleh berhubungan intim dengan suami sebelum proses HSG dilakukan.

Well. Nanti akan diupdate lagi setelah tes HSG yaa. See you later!

Biaya yang dikeluarkan:
Tes Analisis Sperma: 200.000
Konsultasi dr. Enny: 75.000
Obat-obatan: 45.000 (estimasi, lupa harga pastinya karena nota hilang)
TOTAL: 320.000




0 komentar