Berburu Buku Lawas: Seri Tokoh Dunia

Belakangan ini, saya sedang keranjingan buat beli buku/novel/cerpen bekas. Udah lama banget saya nggak pernah beli buku baru lagi (well, kecuali yang bener-bener baru terbit). Belakangan demen banget nyari-nyari buku bekas, entah kenapa alesannya. Rasanya puas banget saat pegang buku edisi lama, dengan kondisi yang masih bagus (kecuali kertasnya yang udah mulai pudar). Bahkan ada beberapa buku yang terbit ketika saya belum lahir!

Oke, tapi kali ini saya cuma mau bahas satu seri buku aja. Yaitu Seri Tokoh Dunia.


Dulu, pas jaman saya masih SD, buku ini ngehits banget di sekolah saya. Temen-temen banyak banget yang punya. Kami saling pinjam-meminjam, karena bukunya agak mahal (jaman segitu harganya sekitar 10ribu rupiah, lumayan mahal juga kan kalo buat koleksi semua bukunya). Saya cuma punya beberapa buku aja, nggak banyak. Pas udah dewasa gini sih gampang banget ya kalo mau baca tokoh-tokoh dunia tinggal googling aja. Tapi, di ingatan saya, pembawaan buku cerita Seri Tokoh Dunia ini bener-bener pas untuk anak-anak. Alur cerita dibuat enggak terlalu berat, dengan gambar-gambar komik yang bagus, juga cover buku yang berwarna-warni. Rasanya jadi nambah pengetahuan tentang seseorang begitu kelar baca bukunya.

Ketika dewasa, saya tiba-tiba teringat dengan buku cerita ini. Lalu, timbul keinginan untuk koleksi semua bukunya. Kebetulan, saya cuma punya beberapa buku aja. Jadi, akhirnya saya niatkan untuk koleksi semua Seri Tokoh Dunia terbitan Elex Media Komputindo.

Saya mulai googling jumlah bukunya. Ternyata, bukunya ada banyak banget! Sekitar 80an lebih. Tapi, untuk yang edisi lama hanya ada 29 buah, sisanya terbitan baru (cover yang berbeda dan tokoh-tokoh banyak yang baru). Oke. Akhirnya saya fokuskan untuk koleksi edisi lamanya aja, dari buku 1-29.

Proses nyari bukunya nggak terlalu susah. Di marketplace banyak banget yang jual. Rata-rata per buku dijual 12-20ribu, tergantung toko dan kondisi bukunya. Saya berhasil dapetin 28 buku di bulan ini, semuanya dibeli di marketplace.


Rata-rata buku ini adalah koleksi pribadi dan koleksi taman bacaan. Ada juga yang bekas perpustakaan. Kondisi buku semuanya cukup bagus, ada beberapa yang udah keriput, kertas pudar, ada yang sedikit berjamur, ada yang berbekas nama pemilik lama ataupun cap taman bacaan, dan lain sebagainya. Tapi yang paling utama adalah, semua buku kondisinya bagus. Bahkan ada yang bener-bener mulus halus, tanpa ada coretan nama atau cap/label. Bahagia banget rasanya.

Ketika hampir semua judul sudah berbaris rapi di rak buku, rasanya puas banget! Meskipun nggak susah-susah amat, tapi teteeup ya ada usahanya, nyari toko yang nyediain judul selengkap mungkin supaya ongkirnya ngga terlalu mahal (kalo bisa tetep free), juga dengan harga semurah mungkin. Juga ada kepuasan saat baca ulang bukunya, ulala! Semoga suatu saat bisa diwariskan ke keturunan yang juga hobi membaca. Hehehe!

Masih kurang 1 judul lagi: yaitu Alexander Graham Bell. Udah order sih di marketplace, tapi belum nyampe. Saya udah nggak tahan pengen posting, jadinya dipost aja deh tanpa buku terakhir hehe. Next diupdate di sini kalo udah komplit 29 judul. [Update 4May2022: Alexander Graham Bell sudah di tangan, hehehe]


Sekian dari edisi berburu buku lawas kali ini. Semoga bisa posting lagi untuk beli buku bekas edisi lainnya. 

Cheers!



0 komentar