Promil Part 5: SEL TELUR KECIL!

Hello again!
Udah 6 bulan lebih lamanya saya bebas dari kontrol dokter untuk promil. Saat itu juga udah mutusin buat nggak kontrol-kontrol lagi. Kenapa sih kok tiba-tiba on fire lagi pengen kontrol?

Iya sis, karena lagi corona gini kan suami jadi jarang pulang. Pengennya sih pas suami pulang tuh udah 'siap' bener-bener nggak ada halangan rintangan sama sekali untuk punya anak (kecuali tentunya seizin Allah..). Sebulan (atau dua bulan) terakhir ini saya dan suami rutin konsumsi vitamin E yang katanya kaya anti oksidan. Trus saya masih terus konsumsi asam folat dan tambah lagi vitamin anti oksidan lainnya (sekalian buat ngelembabin kulit wakakaka). Berharapnya sih sistem reproduksi kami berdua lebih subur dan siap buat bebikin keturunan.

Kemaren pas staycation, mulai mikir lagi. Kalo jarang-jarang ketemu gini, berarti chance punya anaknya juga makin kecil yak?

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mulai lagi kontrol ke dokter. Selain memastikan bahwa semuanya masih normal, juga untuk ngepasin supaya suami pulangnya di masa subur.
Dari hasil kontrol terakhir (sekitar November 2019), semuanya dalam kondisi baik, kecuali sel telur saya yang ukurannya masih di bawah standar. Tapi kata dokternya masih aman, karena hormon progesteronnya masih tinggi dan sel telurnya bisa matang. Dokter juga nyaranin untuk kontrol lagi di masa subur untuk cek sel telur supaya bisa sinkronisasi waktu antara pas bikin dengan kematangan sel telurnya.

Hyuk lah.

Saya SMS adminnya di tanggal 8 Juli 2020 untuk daftar di tanggal 13 Juli 2020 yang mana adalah hari pertama masa subur saya berdasarkan aplikasi kalender di hp. Seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya, admin (yang sepertinya menghitung berdasarkan siklus wanita normal yaitu 28hari) menjadwalkan saya untuk kontrol maksimal di tanggal 11 Juli 2020. Well, males berdebat, padahal siklus saya reratanya lebih panjang (bisa sekitar 30harian). Setelah rada ngeyel tapi takut malah nggak dikasih antrian, akhirnya saya iyakan.



Hari Sabtu, 11 Juli 2020.
Setelah diberitahu jadwal prakteknya yang hari itu hanya dari jam 16.00-18.00, saya pun sampai di praktek dr. Enny sekitar pukul 17.30. Males antrinya, jadi mending dateng telat sekalian. TERNYATA, dr. Enny baru nyampe barengan ama saya! Ugh! Ya udah deh, emang udah takdirnya ngantri kali ya. Selama masa covid, sebagaimana di tempat lain juga begitu, di praktek dokter Enny juga diwajibkan cuci tangan pake sabun sebelum masuk ke klinik. Setelah cuci tangan, saya datang ke meja administrasi untuk ditensi dan ditimbang, juga sekalian ditanyakan HPHTnya. Setelah nunggu sekitar 1,5-2 jam, akhirnya saya pun dipanggil masuk ke ruangan dokter. FYI, selama covid pandemic, sepertinya dokter Enny hanya menerima maksimal 10 pasien.

Saat saya masuk ke ruangan, saya disuruh memakai face shield yang disediakan di situ. Meja dokternya juga dikasih tirai plastik, juga jarak kursinya dijauhkan. Tapi tenang aja, dokternya pake mikrofon jadi nggak perlu khawatir nggak kedengeran beliau lagi ngomong apaan gitu ya. Saya pun dipersilakan duduk di kursi pasien. Dokternya mulai baca-baca lagi arsip saya sambil memastikan tes apa aja yang udah dilakukan sebelumnya. Setelah itu, saya dipersilakan untuk (sorry) lepas celana dan tidur di kasur periksa. Dokternya pun masih buka-buka arsip sambil baca-baca dan dua menit kemudian baru deh beliau duduk dan memulai USG Trans-V. Seperti yang udah saya jelaskan sebelumnya, USG Trans-V adalah USG dengan cara memasukkan alatnya ke dalam vagina. Rada nyeri dikit waktu dimasukkin, tapi setelah itu ya biasa aja. Saat di USG, keliatan bahwa sel telur saya sudah mulai matang. Biarpun gitu, tetep aja (seperti kontrol pertama dulu) sel telur saya ukurannya relatif kecil, hanya sekitar 17mm. Huft.. Dokter pun menghitung-hitung dan bilang bahwa masa subur saya baru dimulai tanggal 13 Juli 2020 dan diberi jadwal kontrol di hari itu untuk memastikan lagi sel telur dan dinding rahimnya (Tuh kaan!! Adminnya sih.. kalo gini kan jadi 2x bayar toh, hufft lumayan bok 150rb bisa buat spa di Laseca haahaha!). Dengan perasaan dongkol ke adminnya, akhirnya saya iyakan untuk kontrol (lagi) di tanggal 13Juli2020.

Di hari itu, dokter menyuruh saya stop konsumsi Folavit dan menggantinya dengan Ovacare. By the way, Ovacare ini 10x lipat lebih mahal daripada Folavit, tapi dengan kandungan vitamin yang lebih banyak dan kompleks. Plus, dosisnya harus diminum 2x sehari (yang biasanya hanya minum folavit sehari sekali). Well okay, demi beranak pinak, apapun akan kulakukan cyin!

Biaya yang dikeluarkan: 
Biaya Pendaftaran Pasien Lama: 13.000
Konsultasi&USG Trans-V:145.000
Obat-obatan (Ovacare 30caps): 312.000
Kondom (untuk covering alat USG): 3.000
Face Shield: 8.000
TOTAL: 481.000


Hari Senin, 13 Juli 2020.
Sesuai jadwal yang udah ditentukan, saya ke mari lagi. Seperti hari sebelumnya, saya harus cuci tangan dulu kemudian masuk ke meja admin untuk ditensi, ditimbang, dan ditanyakan HPHTnya. Kali ini saya berangkat lebih awal (tapi tetep aja dapet urutan buntut haha!). Tapi karena dokternya juga dateng awal, jadi proses antriannya nggak terlalu lama. Sebelum Maghrib saya udah diperiksa dan sudah bisa pulang.

Hari ini sih nggak terlalu banyak bedanya sama hari kemaren. Seperti kemaren, saya di USG Trans-V. Nggak terlalu banyak berubah, termasuk sel telur yang masih kecil yaitu 17,8mm. Tapi dinding rahim sudah mulai menebal. Dokter tadinya mau menjadwalkan hubungan sama suami, tapi berhubung suami nggak pulang, jadinya dokter pun urung bikin hehe. Problemnya dari awal sebenernya dah ketauan, yaitu sel telur yang kecil (walaupun bisa matang). Akhirnya, dokter menjadwalkan tes hormon progesteron lagi di tanggal 23 Juli 2020, kemudian suruh balik kontrol di hari ke 3 atau ke 4 haid berikutnya. Juga disuruh lanjut minum Ovacare sampe sebulan berikutnya (Ovacare ini bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep). Canggihnya, dokter Enny memperkirakan saya bakal haid di tanggal 1 Agustus, sama persis kayak estimasi yang ada di aplikasi kalender hp. Ihiiy!! Kalo bener dan nggak meleset, bisa jadi masa subur selanjutnya bisa pas waktu Vido balik ke Jogja. Ehehehe!

Well! Tinggal nunggu jadwal tes hormon progesteron dan kontrol selanjutnya di awal Agustus. See ya!!

Tips: Lebih baik pake rok saat kontrol. Entah kenapa, saya lebih nyaman pake rok saat kontrol, terlebih jika harus USG Trans-V. Jadi, walaupun underwearnya dilepas, at least masih ada rok yang menutupi di sekitar situ ehehehe.

Biaya yang dikeluarkan: 
Biaya Pendaftaran Pasien Lama: 13.000
Konsultasi&USG Trans-V:145.000
Kondom (untuk covering alat USG): 3.000
Face Shield: 8.000
TOTAL: 169.000



3 komentar

  1. Hi kak, terima kasih tulisannya sangat membantu saya yang berencana promil di dr Enny. Apakah ada kelanjutan untuk promilnya Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mufi!
      Setelah postingan ini masih ada 1x kontrol ke dr. Enny yang belum saya posting ehehe dan sepertinya bakal ada lagi kelanjutannya karena saya belum hamil juga. Nanti aku posting lagi yaah!

      Delete