How To Move On from Lei

Sebagaimana diketahui bahwa belakangan ini saya lagi bucin tingkat dewa sama yang namanya Lei. Udah dua post saya dedikasikan khusus buat doi, tapi entah kenapa nggak ilang-ilang bapernya. Well, sejak saya jatuh hati sama tokoh Lei, saya sadar betul bahwa serial itu sudah 19 tahun yang lalu. Tentu aja berarti pemeran Lei, alias Vic Chou (Vic Zhou sih tapi saya lebih suka nulisnya Chou ehehe), udah 19 tahun lebih tua dari yang ada di serial itu. Sekarang usia doi udah genap 39tahun! Ufftt!

Ketika tingkat kebaperan saya udah mulai akut, saya pun cari-cari foto-foto Vic Chou di internet. Tapi susah banget karena:
1. Dia nggak terlalu terkenal lagi di Indonesia (di Taiwan masih eksis, tapi masa iya saya harus googling pake pinyin? Blunder ntar karena nggak paham).
2. Dia berubah jadi sangat tertutup setelah kena depresi star syndrom dan putus dari Barbie Hsu. Bahkan sosial medianya pun udah nggak aktif lagi.
3. Meteor Garden muncul di mana era internet (di Indonesia terutama) belum terlalu familiar. Foto-foto pun masih dicuci cetak, jadi rada susah cari foto-foto doi di jaman segitu. 

Yap. Nyerah deh buat nyari foto-fotonya pas jaman Meteor Garden. Akhirnya saya memutuskan buat nonton filmnya Vic Chou di tahun 2010an ke atas. Mencoba membandingkan aja sih, karena kalo di foto-foto google mukanya udah bener-bener beda dari jaman dia di Meteor Garden. Karena stok filmnya terbatas (Netflix nggak banyak nyediain film-filmnya Vic Chou), jadi nonton seadanya aja. Ada dua film, yaitu Don't Go Breaking My Heart 2 dan S Storm. Dua-duanya film HongKong.

Yang sudah saya tonton adalah S Storm. Di sini Vic Chou perannya jadi assassin alias pembunuh bayaran. Wuiiih! Aktingnya beda banget! Bagus banget di sini, keren! Mukanya juga sadis (dan definitely tua). Sebenernya saya lebih suka sama akting dan muka dia di film ini karena lebih laki dan lebih tipe saya gitu, tapi entah kenapa saya kehilangan Lei di sini. Dari gaya rambut, berat badan, cara senyum, gerak gerik dan cara ngomong, semua udah berubah. Garis wajahnya juga lebih keras dan doi kurusan juga kan. Beda banget sampe saya nggak nemuin sosok Lei di film itu. Bagus sih sebenernya, karena dia memainkan karakter yang beda-beda di setiap project yang dia ambil (dan sepertinya memang dia selalu ambil karakter yang beda-beda di tiap film/serialnya).

But, for sure, I am starting to realize that he is aging. Yea, we are now aging, termasuk saya. Ketika Huaze Lei masih anget-angetnya, usia saya baru menginjak 9-10tahun. Lei masih terlalu tua untuk ditaksir di usia segitu (dan jaman segitu saya pasti lebih pilih naksir Pedro-nya Amigos). Dan, sekarang, malah saya yang terlalu tua untuk naksir Lei yang (di serial itu) masih 20tahun. Kayak naksir Iqbaal Ramadhan deh rasanya. Hihihi! Well, this situation helps me to move on. Yap, rasa baper saya sama Lei perlahan pudar. Biarpun Lei masih meninggalkan jejak di hati saya yang akan selalu saya ingat rasanya, tapi tentunya udah nggak terlalu menggebu-gebu seperti beberapa hari kemaren. Syukur lah, jadi bisa bobo nyenyak plus bisa nonton serial lainnya tanpa perlu nggak fokus gara-gara kepikiran Lei. Mihihihi.

Well okay. Ada beberapa faktor yang bikin saya pelan-pelan bisa move on. Yang pertama, karena saya nonton film S Storm yang mana baru dibikin sekitar 2014an. Dengan melihat Vic Chou memainkan karakter yang beda, jelas menghilangkan image Lei di dirinya. Hal itu bikin saya realize bahwa this man is not Lei no more. Lei udah hilang. Atau mungkin sudah mengkristal bersama waktu di kala itu. Yang jelas, sedih atau enggak, adil atau enggak, mungkin Lei udah nggak ada lagi.

Kedua, saya melihat Vic Chou di usia yang lebih matang. Tambah ganteng? Jelas. Tampangnya fakboy banget sesuai tipe saya. But he is not Lei. Prince Charming yang hatinya halus dan selalu tersakiti  udah nggak ada. Bahkan kalopun masih ada, orang yang sama itu pun udah beranjak dewasa. Udah tua. Tatapan matanya udah nggak sendu lagi. Wajahnya udah nggak lembut lagi. Nggak bisa sedikitpun saya temukan Lei di tampilannya.

Yang terakhir, sebenernya ini cukup ampuh meredakan baper. Yaitu nontonin bloopers dan behind the scene Meteor Garden. Di situ banyak banget Lei ketawa karena ngetawain lawan mainnya yang salah dialog, atau ngetawain diri sendiri yang banyak banget retake adegan. Bahkan dia ketawa-ketawa aja lihat Shancai lagi adegan ciuman ama AhSsi. Cukup menyadarkan diri untuk yakin bahwa Lei nggak tersakiti. Itu cuma film. Tapi kadang, meskipun tau itu cuma film dan bapernya berkurang, rasa sakitnya tetep aja masih kerasa :)






0 komentar