Pengalaman Cabut Gigi Bungsu Pake BPJS (Bius Lokal)

Hello Blogwalkers!

Masalah gigi bungsu sepertinya jadi masalah kebanyakan orang dewasa ya? Hehehe. Saya sendiri sudah mengalami masalah gigi bungsu sejak sepuluh tahun yang lalu. Gigi bungsu saya tumbuhnya miring, dan semakin lama semakin nyodok gigi depannya. Dulu, di tahun 2014, saya pernah dirontgen dan disarankan untuk dicabut saja. Tapi, karena waktu itu masih takut, saya nggak lanjut ke tindakan. Jadi, ya sudah, dibiarkan saja. 

Nah, karena belakangan ini udah mulai bikin nggak nyaman dan kadang terasa nyeri, akhirnya saya pergi ke faskes 1 untuk dicek perkembangan gigi bungsunya. Dia sudah tumbuh semua, tapi miring. Jadi, ya mau nggak mau, tetep kudu dicabut. Lalu dikasih rujukan ke rumah sakit untuk ke dokter spesialis bedah mulut. Saya pilih ke RS Panti Rapih Yogyakarta.

Setelah booking lewat telepon, saya dapat nomor antrian. Sistem BPJS di RS Panti Rapih rupanya mewajibkan kita untuk verifikasi terlebih dulu ke loket BPJS sebelum berobat ke dokter. Berhubung dokternya praktek di malam hari, so, siang harinya saya kudu ke loket BPJS dulu untuk verifikasi.

Mengurus BPJS di loket BPJS untuk Pasien Baru

Loket BPJS terletak di lantai 2. Kalo dari lobby, langsung belok ke kanan. Ada anjungan mandiri untuk ambil tiketnya, yang sebelah kanan untuk pasien lama, yang sebelah kiri untuk pasien baru. Berhubung saya pasien baru, jadi saya juga harus isi formulir yang disediakan di sampingan anjungan mandiri. Sambil menunggu antrian, saya isi formulirnya sambil melampirkan fotokopi KTP.

Setelah antrian dipanggil, saya menyerahkan formulir (untuk diinput oleh adminnya dan diberikan kartu periksa), lalu menyerahkan surat rujukan asli untuk diproses verifikasi. Prosesnya lumayan cepat, sekitar 10 sudah beres semua. Saya diperbolehkan pulang, lalu nanti malam bisa langsung ke poli gigi di lantai 5.

Periksa Poli Gigi RS Panti Rapih Pertama Kali

Malam harinya, saya langsung naik ke lantai 5 dan menuju ke poli gigi. Begitu sampai, saya ke loket suster untuk ditensi dan ditimbang, juga ditanya keluhannya. Berhubung ini poli gigi, tentu aja antrian per pasiennya lebih lama durasinya dibanding poli-poli lainnya. Tapi, karena saya datang agak telat, jadi sekitar 15 menit kemudian saya sudah bisa masuk ke ruangan dokter spesialis bedah mulut.

Di ruangan dokter, gigi saya diperiksa dan memang betul sudah ada gigi bungsu yang tumbuh. Beliau memberikan pengantar radiologi untuk rontgen di hari itu juga. Saya juga diberitau jika gigi bungsunya ada 4, lebih baik rawat inap dan dibius total aja. Prosesnya nggak terasa karena dibius total. Dibandingkan bius lokal, biasanya bakal menimbulkan trauma/kapok untuk cabut gigi berikutnya. Hufttt bhaiqlah.

Kelar dari ruang dokter, saya pergi ke anjungan mandiri yang terletak di lantai 5 untuk cetak Surat Keterangan Dokter (yang digunakan untuk kontrol selanjutnya) dan juga booking antrian dokter untuk minggu depan. Setelah itu, saya turun ke lantai 1 untuk rontgen gigi. Hasil rontgen bisa ditunggu, tapi saya mutusin untuk ambil hasilnya saat kontrol minggu depan saja.

Periksa Poli Gigi RS Panti Rapih Kedua Kali

Minggu depannya, saya periksa ke dokter lagi. Sebelumnya, suami udah ngurusin verifikasi BPJS dan ambil hasil radiologi di siang harinya. Malem itu, saya kembali lagi ke dokter. Setelah dilihat hasilnya, ternyata gigi bungsu saya cuma ada dua biji. Jadi, yaa, mau nggak mau harus pake bius lokal saja dan dicabutnya satu-satu. Nggak bisa sekaligus. Akhirnya saya setuju untuk cabut gigi. Dokter meresepkan obat antibiotik, anti nyeri, dan dexamethasone untuk diminum siang hari sebelum cabut gigi. Hari itu hari Jumat, dan saya akan cabut gigi di hari Selasa malam, so, obatnya harus saya minum di hari Selasa siang. Saya kembali lagi ke anjungan mandiri untuk cetak Surat Keterangan Dokter dan booking antrian buat hari Selasa, kemudian turun ke lantai 1 untuk tebus obatnya.

Beberapa hari sebelum cabut gigi, saya puas-puasin dulu makan yang enak-enak karena bakal tau kalo nanti akan susah makan selama beberapa hari.

Periksa Poli Gigi RS Panti Rapih Ketiga Kali (Proses Cabut Gigi Bungsu)

Hari Pertama

Kontrol ketiga kali. Siang harinya, seperti biasa, saya urus verifikasi BPJS di loket. Malamnya, saya kembali lagi ke poli gigi buat ketemu sama dokter spesialis bedah mulut. Setelah antri sekitar satu jam, saya masuk ke ruangan dokter. Dikirain mau konsultasi lagi, tapi saya bilang kalo saya mutusin buat dicabut aja, deh, gigi bungsu yang sebelah kanan. Dokternya ngejelasin kalo itu bukan sekedar dicabut, tapi dibedah dan nanti dijahit. Saya tetep mutusin buat lanjut, toh udah googling juga kalo itu bakal dibedah dan dijahit.

Dokter mempersilakan saya untuk tidur di kursi periksa. Setelah kumur, saya disuntikkan obat bius di bagian gusi dalam sebelah kanan. Saat disuntik, sih, enggak sakit. Cuma kaget aja kayak digigit semut. Tapi, saat biusnya disuntikkan, rasanya mulai nyut-nyutan. Lalu, setelah pipi dan gigi sebelah kanan mulai kebas, dokter mulai bedah giginya. Mata saya ditutup karena saya nggak berani lihat peralatannya. Yang saya rasakan hanya tekanan-tekanan dan suara bor yang menekan gigi saya. Ada rasa kurang nyaman saat dibedah, tapi so far, sih, enggak sakit-sakit amat. Baru sebentar, eh, dokternya bilang kalo ini tinggal dijahit aja. Setelah itu selesai. Saya suruh gigit kassa selama minimal 2 jam, lalu nggak boleh kumur-kumur dulu selama masih gigit kassa.

Sekitar jam 8 malem, saya sudah keluar dari ruang dokter. Prosesnya kurang lebih 20 menit, itupun udah sama konsultasi dokternya segala. Berhubung saya sudah dikasih obat sebelumnya, jadi saya nggak perlu nebus obat lagi. Dokter hanya kasih kassa cadangan dan kertas yang isinya rules apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah gigi dibedah. Juga nyuruh saya kontrol seminggu lagi. Mulut, pipi, dan tenggorokan sebelah kanan masih kebas banget. Saya segera pulang supaya bisa makan dan minum obat.

Sampai di rumah, saya langsung makan. Kassa pertama saya buang, lalu saya coba buat makan. Agak susah karena sisi kanan masih efek bius, jadi bikin nggak nyaman saat lagi nelen makanan. Setelah makan, saya minum semua obat, lalu saya gigit kassa lagi pake cadangan yang dikasih dokter. Saat itu udah sekitar jam 9-10 malem, dan efek bius di dalem tenggorokan sudah mulai pudar. Rasanya kayak lagi radang tenggorokan tapi hanya di sisi kanan. Sementara, pipi dan mulut saya masih kebas. Saya mutusin buat nonton series sampe ketiduran.

Jam 1 pagi, saya kebangun karena pipi saya sakitnya bukan main. Terasa banget bekas jahitan nyut-nyutan perih banget. Rasanya pengen minum pereda nyeri tapi saya tahan-tahanin padahal udah mau nangis saking sakitnya. Tidur cuma bisa telentang, karena kalo miring (walaupun miring ke kiri), sakitnya tambah parah. Untungnya, saya akhirnya bisa tidur lagi walaupun butuh waktu lama buat 'ngelupain' rasa sakitnya.

Hari Kedua

Saya terbangun dengan sisa rasa sakit yang masih nempel, tapi rasanya udah nggak sesakit waktu dini hari tadi. Sakitnya masih bisa ditahan, asal nggak terlalu sering ngomong/mangap. Hari itu, yang dirasakan adalah: tenggorokan kanan sakit dan pipi kanan juga sakit. Masih agak kesulitan makan karena bakal sakit kalo buka mulut terlalu lebar, jadi hari itu saya seharian cuma makan bubur ayam. Siang hari, setelah minum obat, sakitnya berangsur-angsur hilang. Kalo lagi diem aja, nggak ada rasa sakit (kecuali cuma sengkring-sengkring dikit di bagian jahitan). Kalo buat ngomong atau makan, bakal kerasa sakit, tapi nggak sakit-sakit amat. Hari itu saya bisa aktivitas seperti biasa dan bisa bobo nyenyak di malam harinya. Oh iya, malam hari sempet sakit lagi dan memerah di bagian jahitan, tapi setelah minum obat, langsung kembali seperti semula lagi. Bisa bobo dengan nyenyak, deh.

Hari Ketiga

Saya terbangun dengan bahagia karena udah nggak ada rasa sakit. Rasanya hanya sedikit nyut-nyut dan mengganjal di area jahitan, tapi nggak terlalu mengganggu. Tapi, ternyata masih lumayan sakit kalo dipake ngunyah. Alhasil, hari itu saya masih minum pereda nyeri (antibiotik tetep jalan terus, ya, sampai habis). Hari itu, saya mutusin untuk tetep makan bubur saja, daripada tambah sakit. So far so good, sih, asal nggak buat banyak ngomong/mangap/ngunyah. Tenggorokan sudah nggak sakit, tinggal nyisa nyut-nyut di area jahitan saja. Ah iya, tapi kalo buat sikat gigi kudu hati-hati banget, karena takut nyodok ke bekas jahitan. Plus, nggak bisa kumur-kumur karena bakal sakit kalo buat kumur. Jadi cuma dibasuh aja rongga mulutnya sampe bersih. 

Hari Keempat Sampai Ketujuh

Mirip-mirip sama hari ketiga, keadaan gusi saya sudah membaik dan nggak ada rasa sakit. Udah lumayan bisa buka mulut meskipun masih ada rasa kurang nyaman. Saya udah nggak minum obat nyeri lagi, hanya ngehabisin antibiotik saja. Makan juga udah bisa normal makan nasi dan lauk kaya biasa, asal pake kuah. Tinggal nunggu penyembuhan aja, nih.


Periksa Poli Gigi RS Panti Rapih Keempat Kali (Lepas Jahitan)

Di hari kedelapan, saya kontrol ke RS Panti Rapih. Prosesnya nggak usah dijelaskan lagi, ya, karena bakal sama kayak sebelum-sebelumnya. Proses kontrolnya cepet banget, nggak sampai sepuluh menit. Dokter cuma nanyain ada keluhan atau enggak, lalu jahitannya dilepas. Saat dilepas jahitan, ternyata lumayan sakit. Rasanya, kulit pipi kayak digunting gitu, dan agak perih setelahnya. Tapi, tenang aja, nanti berangsur-angsur hilang kok rasa sakitnya. Sejam kemudian, saya udah bisa makan dengan normal, nyaman, dan tanpa rasa sakit. Agak ganjel dikit, sih, karena kan masih ada rongga gusi yang "kosong", tapi ya udah lah, ya. Saat masih di ruang dokter, si dokternya nawarin untuk cabut gigi bungsu sebelah kiri, tapi saya nggak mau karena udah nggak sabar pengen makan enak. Terus, akhirnya si dokter nyaranin untuk cabutnya setelah bulan September saja. Beliaupun bikinin surat rujukan balik untuk dikembalikan ke faskes satu dan proses kontrolnya selesai. Saya turun ke lantai dua untuk cetak surat rujukan balik di loket pendaftaran dan harus divalidasi di loket BPJS. Berhubung udah malem dan loket BPJSnya tutup, jadi saya bawa pulang saja. Toh, belum ada rencana ke faskes lagi. Nanti aja, sekalian pas cabut gigi beberapa bulan lagi, hehehe.


Selesai, deh, pengalaman pencabutan gigi bungsu! So far so good, sih. Aman-aman aja meskipun sempet sakit banget di hari-hari pertama, tapi ternyata penyembuhannya lumayan cepet. Seminggu aja udah bisa normal lagi. Sekarang, sih, yang saya rasain cuma rasa-rasa ada "daging tumbuh" (tapi bukan daging tumbuh beneran ya!), kayak semacam gusi yang masih lumayan nonjol dan kadang-kadang terasa agak aneh rasanya. Tapi nggak mengganggu, kok! Jadi, yaaa, aman-aman aja. Alhamdulillah.

Selama periksa gigi dari awal di faskes satu, sampai akhirnya gigi saya dibedah dan diambil benangnya, kemudian prosesnya selesai, saya tidak mengeluarkan biaya medis sama sekali. Semuanya gratis. Yang saya keluarkan cuma biaya parkir aja. Katanya, jika bayar mandiri, biaya cabut gigi bungsu ini bisa jutaan. So, bersyukur banget bisa cabut gigi bungsu secara gratis dengan pelayanan yang sangat baik. Sekarang tinggal ngumpulin niat dan keberanian lagi untuk cabut gigi bungsu yang masih nyisa satu biji di mulut. Hiks, semoga bisa segera dicabut, ya!

Cheers!



0 komentar