Jalan-Jalan ke Agrowisata Bhumi Merapi, Kaliurang, Yogyakarta

Setelah berhasil ngeret-ngeret suami buat piknik tipis-tipis, akhirnya saya bisa jalan-jalan lagi. Kali ini masih di Jogja, yaitu ke Agrowisata Bhumi Merapi. Yups, yang pada nyari tempat foto ala-ala Santorini, di sinilah tempatnya!



Sepulang dari dokter SPOG, saya ngajakin suami jalan-jalan ke Agrowisata Bhumi Merapi yang terletak di Jalan Kaliurang KM 20. Lumayan jauh dari rumah dan jalannya rada naik karena sudah di Jakal atas. Tempatnya cukup mudah dicari, apalagi kalo pake google map, tinggal luruuuus aja udah nyampe.

Agrowisata Bhumi Merapi adalah tempat wisata keluarga. Lahan parkir cukup luas. Untuk memasuki tempat ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang (harga per Juni 2022). Di dalamnya ada mini zoo, aneka spot foto, dan beberapa wahana permainan. Ada restoran juga di dalamnya, tapi saya nggak nyobain.

Saya berkeliling untuk melihat-lihat zona-zona yang ada di sini. Tentu aja saya nggak ke mini zoo, karena di situ ada beberapa jenis ular yang dipajang. Saya takut ular, bruh! Jadi nggak berani ngelewatin zona ular. Paling, saya cuma ngelewatin burung dan rusa-rusa kecil, yang kandangnya diletakkan di jalan yang searah dengan zona foto ala-ala Santorini. Di sisi yang berlawanan, terdapat Kampung Jawa, di mana ada beberapa bangunan ala Jawa yang dilengkapi dengan perlengkapan-perlengkapan zaman dahulu (seperti becak, TV jadul, sepeda, pendhapa, dan lain-lain).



Saya langsung menuju ke spot foto, yang disebutnya "Langlang Buana". Di sana cukup ramai, tapi masih bisa foto bergantian, kok. Spot fotonya cukup panjang dengan beraneka macam bentuk bangunan yang temanya beda-beda, seperti Baker Street, Tembok Kastil, Alpen House, dan lain-lain. Di paling ujung spot foto, ada bangunan ala-ala Santorini yang didominasi warna putih-biru. Kalo cuaca lagi cerah, hasilnya pasti bakal bagus-bagus, nih. Sayang, waktu itu agak mendung. Jadinya kurang maksimal. Plus, rame pula. Tapi, ya udah, lah. Namanya juga weekend. Pastinya bakal rame, ya kan?




Sebenernya nggak cuma foto kekinian ala-ala instagram doang, sih. Ada juga spot foto lucu untuk anak-anak, seperti rumah eskrim, rumah hobbit, dan tulisan pastel bertuliskan "Bhumi Merapi". Di sini, menurut saya, adalah tempat paling pas buat piknik keluarga besar. Untuk anak-anak, bisa ke mini zoo dan kasih makan hewan-hewan, berkuda, atau berlarian di tanah lapang. Para remaja bisa ke Langlang Buana buat foto-foto kekinian, para orangtua bisa bersantai di restoran atau duduk-duduk di Bean Bag. Atau bisa juga menikmati suasana di Kampung Jawa. Pokoknya, tempat ini adalah tempat yang cukup lengkap untuk liburan keluarga. 



Ketika saya kelar foto-foto dan sedang melihat-lihat zona Kampung Jawa, tiba-tiba hujan turun deras. Wah, sayang banget, ya? Tadinya, sih, saya masih pengen menikmati suasana di sini. Tapi, berhubung hujan, ya sudah. Terpaksa kami berteduh, lalu ketika udah mulai reda, kami akhirnya memutuskan pulang saja.


Kampung Jawa

Overall, Agrowisata Bhumi Merapi adalah tempat wisata yang cukup bagus untuk dikunjungi. Tempatnya yang gampang ditemukan, tempat parkir yang lumayan luas, berikut dengan spot-spot yang cukup lengkap untuk berlibur anak-anak maupun dewasa, pokoknya saya nggak nyesel udah jauh-jauh dateng ke sini. Lumayan puas dan maybe suatu saat bakal balik lagi ke sini.


See you at my another journey!



0 komentar