Ini cita-citaku, apa cita-citamu?


tiap orang pasti punya tujuan dalam hidupnya. punya cita-cita, punya gambaran buat masa depannya. begitu juga dengan saya. dari kecil saya udah punya cita-cita dan salahnya adalah saya ngga pernah berusaha buat mewujudkannya.

dari kecil saya punya cita-cita jadi dokter gigi. kenapa? saya juga nggak persis inget. waktu masih kecil itu diajakin ke rumah temennya papa. disitu temen papa punya anak yang kuliah di kedokteran gigi dan saat itu dia ngajak saya ke semacem tempat dia belajar dirumahnya. didalem situ ada cetakan gigi, banyak peralatan-peralatan gigi yang (saat itu) bener-bener bikin saya kagum. kok dia bisa bikin gigi dari semen putih ya? (semen putih, saat itu hanya itu yang ada dipikiran saya). akhirnya saya tertarik dan sejak saat itu saya selalu menjawab 'dokter gigi' saat ditanya apa cita-cita saya.

saya juga sempat ingin jadi penulis. saya pernah membayangkan membuat sebuah cerita semacam Harry Potter atau Eragon dan meledak dipasaran. percaya deh, bukan royaltinya yang saya inginkan, saat itu saya cuma pengen banyak orang bisa baca buku yang saya tulis. saya ingin banyak orang membaca karya saya. tapi saat saya mencoba untuk menulis (saat masih SMP) berkaca pada novel-novel atau cerpen yang saya baca, tiba-tiba saya buntu. tiba-tiba saya malas dan meninggalkan tulisan saya. bodoh memang, karena sebetulnya semua itu bisa aja terjadi kalo saya punya kemauan dan usaha. saat saya membaca novel dan selesai sampai lembar terakhir, seketika keinginan saya untuk menulis kembali menguat. tapi akhirnya saya down lagi saat membaca tulisan saya yang terkesan nggak nyambung (setidaknya menurut saya) dan akhirnya membuat saya nggak nerusin tulisan saya.
saat masih SMP saya suka sekali nulis puisi. saya masih inget, dulu saya suka bikin puisi di komputer tiap malam dan folder puisinya saya kasih password biar orang nggak bisa buka. simpel, saya malu kalo ada orang yang baca. terus disekolah ternyata ada yang punya semacem buku tulis yang isinya puisi-puisi gitu. akhirnya saya ikut-ikutan nulis puisi-puisi saya di buku tulis. tapi setelah saya bosen, saya jadi sembarangan naruh itu buku puisi dan akhirnya hilang ):

balik lagi kedokter gigi. saya nggak pernah sekalipun ninggalin cita-cita saya jadi dokter gigi. saat saya ingin menjadi penulis, dokter gigi selalu menjadi prioritas utama. sampe pada akhirnya waktu saya SMA, dari sekolah udah mulai mengarahkan perguruan tinggi mana yang nantinya akan kita ambil. saat saya mulai cari informasi, ternyata kedokteran gigi muahallnya minta ampun! papa saya punya anak 3, kasian kalo sampe ngeluarin biaya gila-gilaan buat ke kedokteran. kecuali saya bisa lolos UM (saat itu, tapi saya udah pesimis duluan untuk dokter gigi). saya mulai mengubur keinginan dalam-dalam buat jadi dokter gigi, tapi saya mulai tertarik sama dunia teknik. teknik sipil tepatnya. nah, sejak SMA itulah cita-cita saya mulai berubah. saat itu saya sama sekali lupa kalo saya pengen jadi dokter gigi. masa peralihan itu bener-bener menyenangkan, mimpi saya mulai berubah dan sejak saat itu saya mulai bertekad. saya harus masuk Teknik Sipil UGM :D --yang akhirnya gagal total dan membuat saya terombang-ambing sampai sekarang--
Saya masih inget, saat saya masih kuliah di Teknik Sipil UII, saya sempet ngobrol dikit sama kakak angkatan saya, anak 2006. saat itu saya sekelas sama dia yang lagi ngulang mata kuliah analisis struktur I.
"gimana? ngerti nggak?"
"ngerti apaan bang?"
"itu yang dijelasin sama Pak Sam"
"dikit-dikit sih bang, hehehe"
"yahh.. kalian angkatan baru sih, lagi semangat-semangatnya"
"...?"
"bentar lagi pasti banyak banget di angkatan kalian yang mulai nyanyi 'kami salaahh masuk jurusaann~' (sumbang banget)"
"kenapa gitu bang?"
"kuliah di sipil butuh kerja keras. kalo nggak, kalian pasti bakal tumbang. ngga usah kaget kalo kalian nanti dapet nilai E, udah biasa itu mah ngga usah malu"
"itu apaan bang? (saya ngeliat si kakak angkatan saya keliatan lagi pegang buku dan sama sekali nggak perhatiin materi)"
"oh, ini buku tentang jurnalistik. (sambil ngebolak-balik bukunya) kemaren dulu gue sempet jadi wartawan, ngeliput berita segala macem. jauh lebih asyik daripada suruh pusing-pusing gimana caranya ngukur jalan atau ngukur titik berat."
"oh..."
"boleh minta nomer hapenya?"
"buat apaan bang?"
"jadi kalo gue nggak masuk, gue bisa titip absen sama lo"
see? itu salah satu bentuk dari salah satu mahasiswa nyasar yang hobi membual dan sama sekali nggak bisa menghargai waktunya. mungkin dia salah masuk jurusan. dia mungkin lebih tertarik jadi wartawan atau penulis, tapi kenapa dia nggak masuk jurusan yang sesuai sama keinginannya?
pertanyaan yang sama untuk saya dan mungkin untuk semua mahasiswa. justru sebenernya di sipil-lah kehidupan saya sesungguhnya. saya selama ini nggak pernah peduli dengan kerasnya rentetan tugas yang harus saya kerjakan, saya jarang mengeluh (karena jika dikatakan mengeluhpun saya juga sudah pernah mengeluh), karena saya dari awal udah tau kerasnya kehidupan di sipil. kenapa saya ninggalin itu semua? nggak usah dibahas lagi ya ~~~~~ :)

oke, sekarang saya mahasiswa akuntansi. dari sudut pandang saya yang seharusnya sudah bisa berfikir dewasa, seharusnya saya harus bercita-cita menjadi seorang yang berprofesi sesuai dengan jurusan saya. tapi jujur, sampai saat ini saya sama sekali nggak pernah sekalipun berfikir mau jadi apa saya setelah lulus. sama sekali berbeda saat saya bercita-cita menjadi dokter gigi atau kontraktor atau penulis sekalipun. saya sama sekali nggak ada bayangan, pekerjaan apa yang nantinya saya jalani. saya hanya berfikir, apakah saya akan duduk dikantor, menjadi seorang customer service sebuah bank, atau something else. bingung ya? hehehe posisi inilah yang saya katakan saya saat ini salah masuk jurusan.
tapi saya sama sekali nggak membenci jurusan yang saya jalani sekarang. sama sekali enggak. mungkin dulu, saat saya pertama kali memulai perkuliahan. tapi untuk saat ini, yang saya rasain cuma kebingungan mau jadi apa saya setelah lulus nanti. mungkin ada yang bisa kasih masukan, kira-kira bisa tersalurkan dimana ilmu saya nanti hehehe :D

dari semua cita-cita saya yang pada akhirnya 'belum' kesampean dan 'belum' terarah kesana, tapi sampe saat ini saya masih selalu bercita-cita sebagai kontraktor. entah kenapa, saya seperti terbius dengan hal itu. bahkan sampai detik inipun saya masih bermimpi untuk kuliah di Teknik Sipil, entah kapan saya ngga tau. seseorang pernah berkata kepada saya, ngga ada kata terlambat. jadi ngga ada salahnya kan kalo cita-cita saya tetap menjadi kontraktor? hehehe :D
ini cita-citaku, apa cita-citamu? Cheers!





0 komentar