Nonton Konser Westlife Di Prambanan, Yogyakarta : Kecewa?

Sejak saya masih kecil, saya udah suka banget sama Westlife. Boyband asal Irlandia ini udah saya kenal lagu-lagunya sejak saya masih duduk di kelas 5 SD. Dulu, saya suka banget muter VCD Westlife yang ada video klipnya mereka, dan joget-joget ikutin gerakan mereka. Tapi saya nggak pernah bisa mimpi buat nonton konsernya secara langsung, mungkin karena masih kecil juga yah jadi nggak kepikiran buat nonton konsernya. Buat saya, bisa sering-sering nonton klip mereka pake VCD player udah cukup bikin bahagia :)

Begitu saya remaja menjelang dewasa, boyband ini malah bubar. Jadi, ya sudah deh. Rasa suka jadi memudar dan tergantikan sama lagu-lagu lainnya. Meskipun gitu, saya masih tetep nyimpen lagu-lagunya di playlist. Jadi nggak akan lupa sama lagu-lagunya hehehe.

Beberapa tahun yang lalu, saya lupa tepatnya, Westlife ternyata bikin reunian dan nggak jadi bubar (meskipun Brian McFadden nggak gabung lagi hiks). Dan lalu mulai tour ke beberapa negara termasuk Indonesia. Tapi masih tetep nggak pengen nonton, karena waktu itu belum bisa cari duit sendiri hehe. Baru deh waktu sekitaran 2018-2019an gitu lupa, pokoknya sebelum pandemi, Westlife ngadain konser di Jakarta. Sepupu saya ngajakin nonton waktu itu, tapi saya nggak mau. Waktu itu saya masih idealis dan berharap Bryan McFadden balik lagi, jadi saya nggak mau nonton kalo belum komplit berlima. Hiks!! Akhirnya sepupu saya doang deh yang nonton, dan saya NYESEL PARAH karena pas liat di instagramnya sepupu tuh kayak seruuu banget rasa-rasa kek nostalgia bangett! HIKSSSS! Akhirnya, buat ngobatin rasa nyesel, saya janji sama diri sendiri buat nonton konser Westlife suatu saat nanti. Daripada nyesel lagi yekan?

Di pertengahan 2022, sepupu saya ngasih tau saya lagi kalo ada konser Westlife di Jakarta. UWUWW PENGEN BANGET!! Tapi sayangnya, saya nggak dapet tiketnya karena susah banget buat belinya kayak rebutan gitu dan bikin server down. Sempet sedih,  tapi ternyata ada promotor lain yang juga ngadain konser Westlife di 3 kota di Indonesia, termasuk Jogja. HORE! Langsung buru-buru cari info tiketnya dan pas hari H tiket dibuka, saya langsung beli tiketnya berdua sama suami hehe (padahal suami nggak suka Westlife! Huftt! Tapi ya udah lah daripada nonton sendirian). Waktu itu saya belinya offline di Margaria Store dan belinya tiket Festival B yang paling murah.

Beberapa bulan kemudian, akhirnya tiba waktunya buat nonton konser. Sayangnya, hari itu gerimis. Saya dan Vido capcus dari rumah jam setengah empat sore, dan kita naik motor karena takut susah keluar nanti pas konser kelar kalo bawa mobil. Alhasil, kita kegerimisan dan pake mantel motor. Tapi ya udah lah ya, nggak pa-papa, yang penting bisa nonton konsernya Westlife.

Sampe di sana masih gerimis kecil. Setelah validasi tiket dan dapet gelang, kami masuk ke area konser di Prambanan. Di sana, udah rame orang-orang berdatangan. Ada yang selfie, ada yang jajan ke booth makanan, dan ada yang cuma duduk-duduk aja. Tapi trus nggak lama kemudian hujan deras. Kami langsung pake mantel plastik dan berhujan-hujan lari cari tempat berteduh. Rata-rata kami berteduh di tenda yang disediakan (sangat) terbatas, hanya berteduh di booth yang terlihat sepi. Bahkan, tempat tunggu VIP juga nggak dikasih tenda. Padahal banyak bean bag dan drink corner di situ, yang akhirnya kehujanan juga. Banyak juga orang-orang jualan di booth dan harganya mahal! Kayaknya harga sewa boothnya mahal banget deh, makanya harga jual jadi ikut naik. Tapi ya udah lah ya, karena saat itu hujan dan kami lapar, plus butuh tempat berteduh juga, akhirnya kami mampir ke salah satu booth untuk makan. Ah iya, di sana juga disediakan toilet umum, meskipun nggak ada gayung/jet shower buat cebok. Cuma ada keran kecil yang fungsinya sebagai wastafel. Lahhh? Trus gimana mau ceboknya? Akhirnya saya terpaksa nyuci bersih gelas plastik bekas saya jajan, lalu saya pake buat pengganti gayung, buat nadah air keran supaya bisa cebok. Hufft!


booth sebelum hujan

VIP yang mubazir

mushola & toilet


Menjelang maghrib, lokasi semakin ramai. Kami masuk ke area konser sekitar jam 6an sore. Panggung masih gelap, dan nggak ada pencahayaan sama sekali. Saya, waktu itu, masih belum ngeh bahwa ada sesuatu terjadi, jadi masih positive thinking. Ttttapi, udah lewat satu jam dari jadwal seharusnya, lampu masih mati. Panggung masih gelap. Penonton yang kedinginan karena kehujanan, mulai pada marah dan teriak-teriak. Belakangan saya baru ngeh kalo (kayaknya) panggungnya bocor dan bikin korslet. Alhasil lampu pada mati. Trus bahaya juga kan kalo bocor-bocor gitu bisa nyetrum ya kan? Hufft! Konser sebesar ini kok nggak dipikirin bahwa bakal hujan ya? Minimal persiapan tenda yang bener-bener aman gitu lho, atau cari lokasi yang indoor. Wong mereka aja nggak lupa, kok, ngingetin kita buat bawa mantel plastik.

Kami masih nunggu dan nunggu. Satu jam, dua jam, tiga jam, acara tetep nggak mulai-mulai juga. Band pembuka juga nggak tampil-tampil, bikin kami makin uring-uringan. Hampir 4 jam, akhirnya baru deh Westlife tampil. Bener-bener seadanya banget, lighting secukupnya (karena mungkin masih korslet), tanpa giant screen, tanpa band pembuka (Yapppp! Band pembukanya, yaitu D'Massiv sama Dave Moffart, nggak jadi tampil!), pokoknya bener-bener ala kadarnya banget. Dibandingin pensi-pensi yang diadain anak SMA pas jaman saya sekolah dulu, inimah nggak ada apa-apanya. Bagusan pensi SMA ke mana-mana.

area penonton gelap gulita

Beruntungnya, Westlife bener-bener menampilkan penampilan terbaik mereka, meskipun dalam situasi yang sangat-sangat jelek. Saya cukup terhibur biarpun udah bete setengah mampus sama promotornya. Berhubung saya di Festival B, jaraknya lumayan jauh dari panggung. Seharusnya, dengan lighting yang bagus, pasti Westlife bisa tetep keliatan dari tempat saya berdiri, wong saya berdiri di paling depan. Tapi, karena lightingnya cuma kayak lampu sawah, jadinya cuma blur nggak jelas gitu. Huft! Yang paling kasihan adalah VIP. Udah lah paling belakang, tempat duduknya acak, nggak dikasih tenda penutup (aneh kan?), udah gitu bayar paling mahal tapi malah yang paling nggak bisa ngeliat Westlife secara langsung. Gimana mau lihat? Gelap bangettt book!

Penantian 4 jam hanya dibalas oleh penampilan mereka selama 1 jam saja. Itupun Westlifenya udah baik banget mau tampil sempurna, biarpun tendanya kayak layar tancep. Plus, Westlifenya juga ngebaik-baikin pihak promotor, masih ngebelain, pokoknya baik banget deh para cowok-cowok Westlife itu, salut!

Saya pulang dengan perasaan kesal. Rasanya mending nonton mereka di Youtube aja. Percuma, nonton live kayak gini juga nggak keliatan karena lampunya super minimalis. Besokannya, pihak penyelenggara ngumumin permintaan maaf dan menginfokan bahwa uang tiket akan direfund penuh 100%. Biarpun masih kesal, tapi lumayan lah ada tanggungjawabnya buat mengobati kekecewaan para penonton. Yakali aja, itu Instagram penyelenggara udah habis dirujak netizen. Kalo sampe nggak direfund, wah entah deh bakal gimana. Direfund 100% pun juga masih banyak banget yang kecewa, karena banyak banget yang nonton dari luar kota, yang tentunya udah keluar biaya lebih banyak. Kalo saya sih nggak rugi apa-apa selain bete karena konsernya kayak konser 17an, padahal sekelas artis internasional, wkwkwk.

Uang refund diterima di bulan November. Refundnya nggak tau berdasarkan apa, tapi yang jelas tiket saya direfund seminggu pertama, dan refund Vido diproses di hari terakhir refund. Meskipun banyak sekali kekecewaan yang saya dan Vido rasakan, tapi seenggaknya kami bersyukur karena pihak promotor udah mau bertanggungjawab dengan merefund uang tiket kami. Tapi saya cukup trauma dengan EO yang satu ini, jadi sekarang tiap mau nonton konser outdoor kudu liat dulu promotornya siapa dan bacain review-reviewnya. Kekecewaan saya mungkin nggak seberapa dibanding penonton lain yang udah well-prepared dan jauh-jauh dari luar kota, bayar transport dan hotel, belum makannya juga. Tapi yaaa tetep aja namanya kecewa yah, biarpun tiket direfund tetep aja nggak bisa ngobatin rasa bete yang nempel di hati karena konser yang udah ditunggu-tunggu nggak berjalan sesuai harapan.

Semoga, suatu saat saya masih ada kesempatan buat nonton konser Westlife yang jauuuh lebih bagus dari ini. Syukur-syukur bisa dapet kesempatan meet n greet juga (ngareeep!). 

Cheers!



0 komentar