Pengalaman Pakai Animal Communicator Service untuk Kucing Peliharaan

Sebagai salah satu pemilik hewan peliharaan, kadang-kadang saya suka pengen tau apa yang kucing-kucing saya itu pikirkan. Misalnya, apakah mereka doyan sama makanannya, atau suka-kah mereka dengan rumah mereka, atau mungkin ada ketakutan atau keinginan tertentu yang nggak bisa disampaikan. Sungguhan deh, saya kadang suka penasaran juga, tapi ya gimana namanya beda jenis makhluk hidupnya juga, jadi tentu aja saya nggak bisa memahami apa yang sebenernya mereka pikirin.

Nah, beberapa waktu lalu, di twitter sempat beberapa kali seliweran Ancom, alias Animal Communicator, yaitu seseorang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan (di sini khususnya untuk kucing ya). Saya nggak tau gimana cara kerjanya, tapi sempat beberapa kali para owner yang kehilangan kucing meminta bantuan para Ancom untuk membantu memulangkan kucingnya. Ada juga yang pakai Ancom ketika kucingnya sakit, atau bahkan ada juga yang pakai hanya untuk iseng-iseng aja.

Saya punya dua kucing kampung. Namanya Cicil dan Cicip (Iya, cuma beda L dan P aja). Nama aslinya sih Kecil dan Poci (atau biasa saya panggil Cipo juga sih wkwk). Tapi karena Kecil sekarang sudah besar, kok rasanya sudah nggak pantas dipanggil 'Kecil' yah.. Jadi saya ganti panggilannya jadi Cicil. Cipo juga biar jadi kembar, saya ganti jadi Cicip wkwkwkwk. Udah lah, sekian terima kasih.

Cicil ini bandel banget! Sukanya ngerusuhin si Cicip, trus hobi banget ngusir kucing-kucing liar yang main ke rumah. Tapi, Cicil juga anak baik karena selalu di rumah. Cicil lebih suka berinteraksi dengan manusia-manusia di rumah dibanding dengan kucing-kucing di sekitarnya. Seringnya malah Cicil ini ngajak berantem kucing-kucing sekitar. Huft. Makanannya juga pilih-pilih. Nggak mau yang direbus-rebus. Pokoknya kudu gurih, kriuk, dan garing. Misalnya, ayam atau lele maunya digoreng sampe kering dan minta dibumbuin. Kalo gorengnya nggak sampe kering atau cuma dikasih ayam rebus, wah nggak akan mau dimakan deh! Jadi kadang suka pusing juga mikirin makanannya si Cicil.

Kalo Cicip anaknya lebih kalem. Pendiem dan sedikit takut sama manusia. Mungkin masalalunya (sebelum direscue) pernah disakitin manusia kali ya. Cicip ini bulunya gampang banget rontok. Dia sering banget garuk-garuk badannya. Mulutnya bau karena pernah ada infeksi gigi dan akhirnya semua giginya dicabut. Cicip juga jarang di rumah. Dia cuma pulang buat makan, abis itu duduk-duduk bentar trus nggak lama langsung capcus entah ke mana. Pernah, dia nggak pulang sampe 5 hari! Ya Allah... untuk makanan sih dia apa aja mau, asal empuk dan gurih. Ayam rebus gitu dia doyan. Tapi harus bener-bener disuwir kecil-kecil supaya dia bisa langsung telan.

Oke, itu adalah sekilas info tentang kucing-kucing saya ya. Sekarang, saya mau bahas pengalaman saya menggunakan jasa Ancom untuk para kucing.

Berangkat dari Twitter, akhirnya saya pilih salah satu Ancom yang testimoni-nya lumayan banyak. Banyak kucing-kucing hilang yang akhirnya berhasil dipulangkan oleh si Ancom ini (dituntun jalan pulang, katanya). Dari situ, saya pakai jasa Ancomnya. Setelah nanya-nanya prosedur dan biaya, akhirnya saya mutusin buat booking jasanya.

Harga jasa Ancom ini variatif banget ya, ada yang mulai dari 100ribu sampe 300rb untuk 3-5 pertanyaan, tergantung dari masing-masing Ancom yang digunakan. Kalo Ancom yang saya pakai ini sih, setelah bayar saya disuruh kirim foto kucing saya (yang kelihatan matanya), dan disuruh nyiapin 3 pertanyaan. Lalu dia butuh waktu beberapa saat untuk komunikasi dengan kucing itu. Berhubung saya pakai dua kucing, jadi butuh waktu agak lama untuk komunikasinya, karena kudu satu-satu juga kan.

Disclaimer: Saya nggak mau menghubungkan proses Ancom ini dengan kepercayaan apapun. Bagi saya, ini hanyalah salah satu media yang mungkin ada cara kerjanya tersendiri. Percaya-nggak percaya, saya nggak akan ambil pusing. Bagi saya, ini hanyalah iseng-iseng semata.

Berikut hasil Animal Communicator Service yang saya gunakan untuk dua kucing saya.

Hasil Ancom dengan Cicil:

L: L***
C: Cicil

L : Hallo Cicil, saya L*** teman guardian kamu. Boleh ngobrol?
C : Boleh.
L : Cicil kenapa kok susah makan sekarang? Dikasih ikan goreng ngga mau padahal biasanya suka, dikasih ayam rebus juga ngga mau, dry food juga ngga mau lalu pengennya apa?
C : Lagi malas makan Kak. Tapi kan tetap makan kalau lapar.
L : Tapi nanti kamu sakit kalo makannya gak teratur. Pelan-pelan makannya dibenerin lagi ya.
Cicil kenapa suka banget gangguin saudara Cicil yang oren (Cicip)? Tiap Cicip pengen dielus2, Cicil selalu ikutan ndusel, bikin Cicipnya kabur/takut kan kasian.
C : Bukan gangguin Cicip, tapi Cicil mau yang paling disayang. Cicil harus paling disayang ya.
L : Sama sama disayang kok, jadi kalo bagiannya Cicip disayang jangan ganggu dulu ya.
Apa yang mau disampein dari Cicil?
Oh ya, terima kasih ya Cicil udah jadi kucing rumahan yang baik dan deket sama keluarga, kita semua sayang sama Cicil tapi jangan nakal yah Cicil, jangan suka ngajak berantem kucing2 liar yg suka dateng kan kasian mereka.
C : Terimakasih ya sudah beri rumah untuk Cicip dan Cicil berlindung. Cicil sayang keluarga. Ingin menjaga keluarga. Pokoknya Cicil gak mau keluarga Cicil kenapa-kenapa. Kalo ada yang jahat Cicil jagain (biasanya ngejagain dari hal tak kasat mata ya Kak) Cicil kan punya wilayah jadi Cicil tegur kucing kucing yang datang.
L : Oh begitu, Cicil tau gak kucing yang datang itu temen Cicil dan Cicip jangan diajak berantam ya. Pelan-pelan kurangin berantamnya.
C : Wilayah Cicil
(sepertinya Cicil alpha female ya Kak, hasrat alamiah berkuasa sangat tinggi)
L : Baik Cicil, tapi latihan ramah ya sama teman kucing terimakasih sudah mau diajak komunikasi.


Sebenernya udah ketebak sih. Dari gerak-geriknya si Cicil juga udah keliatan kalo doi alpha female yang pengennya paling berkuasa. Plus si paling pengen disayang. Hahahaha! Tapi ya sudah lah, gimana lagi. Yang penting dia happy di sini :) Saya agak terharu pas Cicil bilang dia pengen jagain keluarga hehe. Kalo dilihat dari gerak-geriknya sih, memang dia selalu di rumah dan berkeliling rumah terus. Jarang banget dia pergi jauh-jauh dari rumah, bahkan bisa dibilang kalo dia nggak pernah pergi selain di gang-gang sekitar rumah. Terlepas dari percaya atau enggaknya bahwa itu beneran komunikasi dengan Cicil atau bukan, tapiiii makasih ya Cil, udah mau jagain rumah :)


Hasil Ancom dengan Cicip:

L : L***
C : Cicip

L : Hallo Cicip, saya L*** teman guardian kamu. Boleh ngobrol?
C : Boleh.
L : Cicip kenapa kok bulunya rontok/botak, trus kupingnya sering luka2? Apa Cicip sering berantem/dilukai kucing/manusia lain, atau cuma gatel2 aja?
C : Cicip punya masalah kesehatan serimg gatal kak. Maaf ya cicip gak cantik.
L : Cicip cantik, siapa yang bilang gak cantik? Cicip cantik tau.
Cicip kenapa jarang pulang, pulangnya cuma kalo mau makan aja? Apa Cicip takut sama saudara Cicip (si Cicil)? Atau ada tempat nyaman di luar yang enak buat bobo?
C : Cicip kurang nyaman kalo ada Cicil, Cicip seperti segan. Di luar juga Cicip lebih suka mainan happy.
L : Ada yang mau disampaikan nggak dari Cicip?
Oh ya, Keluarga Cicip sayang banget sama Cicip, pengennya Cicip di rumah aja bobo di rumah, kalo memang Cicip pengen tempat tidur/kardus/alas tidur yang disuka boleh dikasitau aja, apapun supaya cicip betah di rumah 🙏
C : Cicip mau terimakasih ke keluarga dan semoga selalu sayang Cicip karena Cicip selalu sayang keluarga. Cicip kan walau di luar rumah juga pulang jadi gak papa ya Cicip mainan. Cicip kalo bobo mau dimana aja juga oke tapi bener Cicip suka kardus loh.
L : Oh gitu, Cicip perbanyak di rumah ya keluarga mau lebih intim ma Cicip.
C : Iya nanti agak lama di rumah.
L : Nah gitu donk. Makasih ya cicip sudah mau diajak komunikasi.


Cicip :') si anak baik :')
Kalo emang bener itu hasil komunikasi dengan Cicip, ya ampuuun berarti Cicip bener-bener kecil hati banget :') Sampe ngerasa dia nggak cantik segala :') Padahal Cicip itu kesayangan saya bangetttt! Anak baik, kalem, nggak pernah nyakar nggak pernah gigit, pokoknya pendiem banget padahal doi kucing oren lho! Hiks sedih baca hasil Ancom Cicip :')
Terlepas dari ini hasilnya bener apa engga, tapi Cicip beneran sejak Ancom itu selalu di rumah! Paling dia keluar cuma bentar tapi habis itu selalu di rumah, di teras, pokoknya selalu di halaman rumah! Sampe hari ini, dia nggak pernah lagi main-main atau tidur di tempat lain selain di rumah. Ajaib kan? Padahal waktu itu sempet kita tinggal sehari semalem karena kami sempat ke luar kota, tapi dia masih nungguin di rumah :') Biasanya kalo kita tinggal pergi beberapa jam aja tuh Cicip udah ngilang entah ke mana, dan baru pulang pas laper. Alhamdulillah, dia jadi betah di rumah.

***

Well, itulah pengalaman saya pakai jasa Ancom untuk hewan. Lumayan mengobati rasa penasaran sih ya hehehe. Nggak ada kesan-kesan tertentu sih, cuma ya balik lagi, jika semua hasil itu bener adanya, saya bener-bener merasa bersyukur banget punya kucing-kucing yang baik dan sayang sama keluarga. Hopefully saya bisa merawat kucing-kucing itu sampe mereka tua banget pokoknya sehat-sehat terus jangan sakit-sakit lagi :)


Cheers!



0 komentar